2202311054, Dhika Adi Pinantyo (2025) STUDI KASUS ENGINE HARD NOISE PADA CUMMINS VTA 28. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Halaman Identitas (Bab 1&5)]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tuga Akhir_Dhika Adi Pinantyo_2202311054_Bab 1&5.pdf
Download (935kB)
![[thumbnail of Bab 2&4]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tugas Akhir_Dhika Adi Pinantyo_2202311054_Bab 2&4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (2MB)
![[thumbnail of Artikel Seminar Nasional_2202311054_Dhika Adi Pinantyo_D3 Teknik Mesin.pdf]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Artikel Seminar Nasional_2202311054_Dhika Adi Pinantyo_D3 Teknik Mesin.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (661kB)
Abstrak
Dalam dunia teknik mesin dan alat berat, generator didefinisikan sebagai mesin yang
memiliki kemampuan untuk mengonversi energi mekanik menjadi energi listrik.Pada unit
Cummins VTA 28 engine ini diperuntukkan sebagai generator set pada beberapa sektor
industri.Berdasarkan kasus studi di lapangan pada unit generator set engine Cummins VTA
28 mengalami permasalahan dengan suara mesin yang tidak normal.Untuk mencegah
terjadinya masalah yang sama dimasa yang mendatang maka dilakukan identifikasi dan
perbaikan penyebab utama dari engine hard noise pada unit generator set Cummins VTA
28.Metode Root Cause Analysis (RCA) dengan menggunakan diagram fishbone untuk
menelusuri akar penyebab masaalah dengan mempetakan potensi penyebab masalah dari
faktor manusia,metode,material dan lingkungan.Hasil dan penelitian ditemukan akar
penyebab masalah pada engine hard noise pada engine Cummins VTA 28 yaitu adanya
komponen yang mengalami keausan yaitu camshaft dengan ditemukannya serpihan logam
pada pemeriksaan engine oil drain.Dikarenakan oli yang mengalami penurunan kualitas
dengan ditemukannya oli yang sudah berwarna hitam pekat.Tindakan perbaikan dilakukan
melalui proses corrective maintenance berupa pembongkaran ,pembersihan,hingga
pergantian camshaft yang aus dengan komponen baru.Dilakukan acceptance test untuk
dengan pengukuran kebisingan dengan sound level meter (SLM) alat ukur menunjukan
angka 85.7 db(A) yang dibawah batas emission noise dalam keadaan enclosure (tidak pakai
cover bonet) dengan standar noise berada dalam kisaran 100 – 102 db(A) mampu
mengurangi kebisingan dan dapat diterima.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3) |
---|---|
Subjek: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Mesin > Teknik Mesin D3 |
User ID Pengunggah: | Dhika Adi Pinantyo |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 09:26 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 09:26 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/32726 |