PROSES PELAYANAN KLAIM MANFAAT BEASISWA PADA BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG JAKARTA CEMPAKA MAS

2205311042, Mega Azima (2025) PROSES PELAYANAN KLAIM MANFAAT BEASISWA PADA BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG JAKARTA CEMPAKA MAS. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bab I Pendahuluan & Penutup] Text (Bab I Pendahuluan & Penutup)
Bab I dan V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
Bab 2-4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

Pendidikan merupakan aspek penting dalam pembangunan bangsa, sehingga akses pendidikan perlu dijamin, termasuk bagi anak-anak pekerja yang menghadapi risiko sosial seperti kecelakaan kerja atau kematian. BPJS Ketenagakerjaan berperan dalam memberikan perlindungan sosial, salah satunya melalui program beasiswa bagi anak peserta yang meninggal dunia atau mengalami kecelakaan kerja. Program ini diatur dalam Permenaker (2021) sebagai turunan PP No. 82 Tahun 2019, dengan bantuan pendidikan maksimal dua anak hingga Rp174.000.000,00.
Pelayanan klaim beasiswa membutuhkan administrasi yang efektif agar manfaat tersalurkan tepat waktu dan tepat sasaran. Namun, hasil observasi di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cempaka Mas menunjukkan masih adanya kendala, seperti kurangnya pemahaman peserta terhadap persyaratan klaim, ketidaksesuaian dokumen, serta keterlambatan pencairan manfaat. Banyak peserta atau ahli waris datang tanpa kelengkapan dokumen, sehingga proses klaim terhambat.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 361 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D3
User ID Pengunggah: Mega Azima
Date Deposited: 09 Sep 2025 01:58
Last Modified: 09 Sep 2025 01:58
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/32620

Actions (login required)

View Item
View Item