ANALISIS INTENSI KONSUMEN DALAM MENGGANTI PILIHAN MEREK BERDASARKAN PUSH PULL MOORING MODEL (STUDI KASUS PADA BBM PT PERTAMINA (PERSERO) DI JABODETABEK)

Ukia, Ruth Chania (2025) ANALISIS INTENSI KONSUMEN DALAM MENGGANTI PILIHAN MEREK BERDASARKAN PUSH PULL MOORING MODEL (STUDI KASUS PADA BBM PT PERTAMINA (PERSERO) DI JABODETABEK). D4 thesis, POLITEKNIK NEGERI JAKARTA.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
JudulPendahuluanPenutup.pdf

Download (816kB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd. Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd. Bab 4)
BAB234.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh Faktor Push, Faktor Pull, Faktor Mooring terhadap intensi masyarakat Jabodetabek untuk berpindah merekBBM dari PT Pertamina (Persero) ke merek lainnya. Penelitian ini dilakukan dengan cara metode kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 394 orang yang memiliki kriteria Berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, usia minimal 17 tahun, menggunakan BBM Alternatif lain selama tiga bulan terakhir, dan mengetahui isu atau informasi terkait BBM Pertamina. Penelitian ini dibantu menggunakan aplikasi SmartPLS versi 4.0.9.9. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Push factor terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap intensi konsumen dalam berpindah dari BBM Pertamina ke penyedia BBM lainnya di Jabodetabek. (2) Pull factor terbukti memiliki pengaruh signifikan positif terhadap intensi konsumen untuk berpindah dari BBM Pertamina ke merek BBM alternatif seperti Shell, Vivo, dan BP di Jabodetabek. (3) Mooring Factor terbukti tidak memiliki pengaruh signifikan sebagai penghambat yang signifikan dalam memoderasi pengaruh push dan pull terhadap switching intention.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial
300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 305 Kelompok-kelompok sosial
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 658 Manajemen umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4
User ID Pengunggah: Ruth Chania Ukia
Date Deposited: 29 Aug 2025 09:10
Last Modified: 29 Aug 2025 09:10
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/32470

Actions (login required)

View Item
View Item