2105421089, Farsha Andina Laraskhansa (2025) PENGARUH EMOTIONAL BRANDING DAN KEPERCAYAAN PELANGGAN TERHADAP MINAT BELI PRODUK DEAR ME BEAUTY DI KOTA DEPOK. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Farsha Andina L_Cover, Bab I & BAB V]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Farsha Andina L_Cover, Bab I & BAB V.pdf
Download (733kB)
![[thumbnail of Farsha Andina L_BAB II s.d BAB IV]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Farsha Andina L_BAB II s.d BAB IV.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (4MB)
Abstrak
Perkembangan industri kosmetik lokal di Indonesia menunjukkan peningkatan yang cukup pesat seiring dengan meningkatnya minat konsumen terhadap produk kecantikan dalam negeri. Salah satu merek lokal yang aktif memasarkan produknya melalui platform e-commerce adalah Dear Me Beauty. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah emotional branding dan kepercayaan pelanggan memiliki pengaruh terhadap minat beli konsumen terhadap produk Dear Me Beauty di Kota Depok. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif-asosiatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara daring kepada responden yang merupakan pengguna aplikasi Shopee dan mengetahui produk Dear Me Beauty. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 171 responden yang diperoleh menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square (SmartPLS versi 4). Hasil pengujian menunjukkan bahwa emotional branding berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, yang dibuktikan dengan nilai t-statistic sebesar 8,559 dan p-value sebesar 0,000. Begitu pula kepercayaan pelanggan yang juga menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dengan nilai t-statistic sebesar 7,234 dan p-value sebesar 0,000. Nilai R-square sebesar 0,698 mengindikasikan bahwa variabel emotional branding dan kepercayaan pelanggan mampu menjelaskan sebesar 69,8% variasi minat beli, sementara sisanya sebesar 30,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam studi ini. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan dalam membangun strategi branding dan hubungan pelanggan untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4 |
User ID Pengunggah: | Farsha Andina Laraskhansa |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 07:52 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 07:52 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/32442 |