RANCANGAN USAHA JASA PENYELENGGARA ACARA PERAGAAN BUSANA OLEH PT KREANOVA CIPTA KARYA

2105413049, Nurul Asyiah Maryam and 2105413047, Khansa Umma Syahid and 2105413045, Naufal Afin Darmawan (2025) RANCANGAN USAHA JASA PENYELENGGARA ACARA PERAGAAN BUSANA OLEH PT KREANOVA CIPTA KARYA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas_BP] Text (Halaman Identitas_BP)
Halaman Identitas_BP.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi_BP] Text (Isi_BP)
Isi_BP (2).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (53MB)

Abstrak

PT Kreanova Cipta Karya merupakan Event Organizer yang bergerak pada penyelenggaraan acara peragaan busana (fashion show). Penggunaan nama perusahaan telah dipastikan belum terdaftar sebagai merek di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI), sehingga masih dapat digunakan dan diajukan untuk perlindungan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). Perusahaan ini didirikan pada tanggal 20 Oktober tahun 2025 dan mulai beroperasi pada tanggal 1 Januari 2026 dengan modal awal Rp. 150.000.000. Kepemilikan saham dari modal tersebut berasal dari pemilik perusahaan, yakni 40% dimiliki oleh Naufal Afin Darmawan selaku Direktur Utama, 30% dimiliki oleh Nurul Asyiah Maryam selaku Direktur Keuangan, dan 30% dimiliki oleh Khansa Umma Syahid selaku Direktur Pemasaran. Produk Utama yang ditawarkan oleh perusahaan berupa penyelenggaraan event peragaan busana atau fashion show bernama Modenusa. Paket yang ditawarkan berupa paket partisipasi desainer dalam menampilkan koleksi runaway, terdiri dari paket A sebesar Rp4,795,200, paket B sebesar Rp9,190,800 dan paket C sebesar Rp13,586,400, sedangkan untuk paket D yang merupakan paket bundling dengan mini exhibition dihargai sebesar Rp18,881,100. Setiap paket A, B, C mencakup berbagai fasilitas pendukung seperti model, makeup artist (MUA), koreografer, serta dokumentasi. Sementara paket D secara khusus merupakan bundling antara partisipasi runway dan mini exhibition, memberikan kesempatan bagi desainer untuk tidak hanya menampilkan koleksi di atas panggung, tetapi juga memamerkannya secara langsung kepada pengunjung melalui booth pameran. Selain itu, produk pendukung perusahaan berupa photoshoot profesional bernama Modaframe, harga yang ditawarkan adalah Rp6.393.600, mencakup sesi diskusi konsep, layanan pemotretan, model, dan studio. 1 2 Segmentasi pasar perusahaan mencakup desainer busana, brand independen, pelaku UMKM fashion, serta masyarakat kreatif berusia 18–45 tahun di kota-kota besar Indonesia, terutama Jabodetabek. Target utama adalah pihak yang ingin menampilkan karya, membangun branding, dan menjangkau audiens pecinta fashion. Positioning perusahaan sebagai penyelenggara acara event organizer fashion show dan penyedia layanan visual content yang mendukung desainer dan brand fashion lokal dalam memasarkan produk dan karya mereka agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Strategi pemasaran yang digunakan perusahaan mengacu pada konsep 7P (product, price, place, people, promotion, physical evidence, dan process). Perusahaan juga menjunjung tinggi kekuatan jejaring dari strategi Power of Connection, dimana perusahaan membangun dan menjaga hubungan dengan pihak-pihak penting. Seluruh elemen tersebut disusun untuk mendukung pelaksanaan kegiatan usaha secara menyeluruh dan terarah. Proyeksi penjualan produk utama Modenusa pada tahun 2026 hingga 2028 direncanakan berlangsung sebanyak enam kali, dengan total pendapatan yang diharapkan mencapai Rp8.430.319.758 (delapan miliar empat ratus tiga puluh juta tiga ratus sembilan belas ribu tujuh ratus lima puluh delapan rupiah). PT Kreanova Cipta Karya diperkirakan akan mencapai titik impas dalam pengembalian modal (payback period) dalam waktu 2 tahun, 2 bulan, dan 20 hari sejak operasional dimulai. Internal Rate of Return (IRR) mencapai 137%, dengan tingkat diskonto antara 10% hingga 137%. Selain itu, nilai Net Present Value (NPV) yang diperoleh sebesar Rp783,846,711.87, menunjukkan nilai yang positif (NPV > 0) menandakan bahwa proyek ini layak untuk dijalankan. Dukungan lain terhadap kelayakan proyek ditunjukkan melalui Return on Investment (ROI) yang terus meningkat setiap tahunnya, yaitu 65,71% pada tahun pertama, 79,30% pada tahun kedua, dan 97,29% pada tahun ketiga. Sementara itu, Profitability Index (PI) sebesar 6,2 memperkuat bahwa setiap rupiah yang diinvestasikan menghasilkan nilai tambah yang signifikan

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 080 Kumpulan karya umum > 080 Kumpulan karya umum
300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 381 Perdagangan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > MICE D4
User ID Pengunggah: Nurul Asyiah Maryam
Date Deposited: 21 Oct 2025 03:41
Last Modified: 21 Oct 2025 03:41
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/32423

Actions (login required)

View Item
View Item