STRATEGI ADAPTASI BISNIS PEDAGANG TANAMAN HIAS AGLAONEMA DALAM MENGHADAPI FLUKTUASI PASAR PASCA PANDEMI COVID-19

2105421069, SYAHTIYA HADI NUGRAHA (2025) STRATEGI ADAPTASI BISNIS PEDAGANG TANAMAN HIAS AGLAONEMA DALAM MENGHADAPI FLUKTUASI PASAR PASCA PANDEMI COVID-19. D4 thesis, POLITEKNIK NEGERI JAKARTA.

[thumbnail of JUDUL, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN, BAB 1 DAN BAB 5, DAFTAR PUSTAKA] Text (JUDUL, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN, BAB 1 DAN BAB 5, DAFTAR PUSTAKA)
SYAHTIYA HADI N_JUDUL, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN, BAB 1 DAN BAB 5, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (669kB)
[thumbnail of BAB 2,3 DAN 4] Text (BAB 2,3 DAN 4)
SYAHTIYA HADI N_BAB 2,3 DAN 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (686kB) | Request a copy

Abstrak

SYAHTIYA HADI NUGRAHA Strategi Adaptasi Bisnis Pedagang Tanaman Hias Aglaonema dalam Menghadapi Fluktuasi Pasar Pasca Pandemi COVID-19 Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi adaptasi bisnis yang dilakukan oleh para pedagang tanaman hias Aglaonema dalam menghadapi fluktuasi pasar pasca pandemi COVID-19. Fokus penelitian berada pada komunitas pedagang DPC ASA Tangerang Raya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam kepada lima informan utama yang aktif dalam aktivitas pemasaran digital dan tergabung dalam komunitas. Analisis dilakukan dengan menggunakan matriks IFAS, EFAS, SWOT, dan Matriks Profil Kompetitif (CPM) untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi pedagang dalam konteks pemasaran digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para pedagang memiliki empat kekuatan dan tiga kelemahan dalam faktor internal, serta lima peluang dan lima ancaman pada faktor eksternal. Dari hasil analisis SWOT, diperoleh delapan strategi alternatif adaptasi yang terdiri dari dua strategi SO, dua strategi WO, dua strategi ST, dan dua strategi WT. Selain itu, hasil CPM menunjukkan bahwa channel YouTube Samsudin 111290 menjadi kanal dengan daya saing tertinggi dibandingkan pesaing lain seperti Kamaludin Aglaonema, Herlina Atmaja Aglaonema, dan Indah Permatasari Mom R3 dalam konteks pemasaran digital tanaman hias Aglaonema di Tangerang Raya.
Kata Kunci: Strategi Adaptasi, Kanal Digital, SWOT, Aglaonema, Tanaman Hias

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4
User ID Pengunggah: S.Tr.AB Syahtiya HadI Nugraha
Date Deposited: 02 Sep 2025 03:27
Last Modified: 02 Sep 2025 03:27
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/32386

Actions (login required)

View Item
View Item