2105414002, Raihan Dika Prameswara and 2105414005, Ranti Aulia Nisa and 2105414010, Fayza Zahra (2025) RANCANGAN USAHA JASA PENYELENGGARA BRAND ACTIVATION UNTUK BRAND BEAUTY CARE OLEH CV GENZCAPE CORPORATION. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Halaman Identitas.pdf]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Identitas.pdf
Download (16MB)
![[thumbnail of BAB 2-6.pdf]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 2-6.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (3MB)
Abstrak
CV GenZcape Corporation adalah perusahaan event organizer yang menyediakan layanan brand activation untuk industri beauty care. Didirikan oleh generasi Z dengan visi menjadi landscape utama bagi brand kecantikan lokal dalam menciptakan pengalaman promosi yang autentik dan berdampak. Layanan utama perusahaan bernama GlowVerse Experience, yang menghadirkan kampanye pemasaran interaktif seperti immersive booth, beauty workshop, hingga aktivasi teknologi digital. Tersedia tiga paket layanan yang ditawarkan, antara lain: [1] Petal Package, [2] Bloom Package, dan [3] Luxeverse Package. Target pasar utama mencakup brand lokal dan internasional, emerging brand, brand yang sedang rebranding, serta brand yang ingin meningkatkan engagement melalui event kreatif.
Pertumbuhan industri kecantikan di Indonesia menunjukkan potensi besar, dengan nilai pasar diperkirakan mencapai USD 9,6 miliar pada tahun 2025. Data dari BPOM mencatat peningkatan jumlah perusahaan kosmetik sebesar 20,6% pada 2022 dan naik lagi menjadi 1.010 perusahaan pada 2023. Di sisi lain, tren marketing saat ini menekankan pendekatan pengalaman (experiential marketing) yang belum banyak dioptimalkan oleh brand lokal. GenZcape hadir menjawab kebutuhan tersebut dengan sumber daya muda yang kreatif, adaptif terhadap tren digital, serta keahlian di bidang event MICE.
Berdasarkan survei internal, 80,4% konsumen pernah mengikuti event brand activation dan 71,4% brand menyelenggarakan aktivasi secara mandiri. Ini menunjukkan pasar sudah terbentuk dan terbuka pada kerjasama EO. CV GenZcape Corporation berencana mengembangkan wilayah operasional ke kota-kota besar seperti Bandung, Surabaya, dan Denpasar. Strategi ekspansi dilakukan melalui kemitraan strategis dengan brand lokal dan global. Perusahaan juga akan meluncurkan platform digital untuk manajemen event, pelatihan manpower, serta penyediaan merchandise eksklusif.
Dengan modal awal sebesar Rp500.000.000, GenZcape menargetkan penyelenggaraan event dengan margin keuntungan antara 25–40% per proyek. Perusahaan juga menggunakan sistem pengumpulan data peserta yang dapat dijadikan leads bernilai tinggi bagi klien. Dari sisi sosial, GenZcape mendorong kolaborasi komunitas dan inklusivitas gender, serta menjunjung aspek legal dan regulasi usaha. Dalam dua tahun pertama, perusahaan menargetkan omzet minimal Rp1,5 miliar per tahun.
Lebih lanjut, Return on Investment (ROI) perusahaan diproyeksikan berkisar antara 60%–80% per tahun, dapat disimpulkan bahwa usaha brand activation yang dijalankan oleh CV GenZcape Corporation sangat efisien dan menguntungkan. GenZcape juga memaksimalkan potensi pengumpulan data peserta event sebagai leads digital bernilai tinggi yang dapat dikonversi menjadi repeat sales atau retainer fee bagi klien. Dari sisi sosial, perusahaan terus mendorong kolaborasi komunitas dan inklusivitas gender, serta menjunjung tinggi aspek legal dan regulasi usaha dalam setiap kegiatan operasionalnya.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 381 Perdagangan 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 515 Analisis |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Administrasi Bisnis > MICE D4 |
User ID Pengunggah: | Fayza Zahra |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 22:57 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 22:57 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/32288 |