2105421073, Shofaun Nada (2025) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS UMKM (Studi Kasus Pada Akun Instagram UMKM Happy Bites). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Cover, Bab I, Bab V.pdf]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cover, Bab I, Bab V.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of Bab II, Bab III, Bab IV.pdf]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab II, Bab III, Bab IV.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (17MB)
Abstrak
Penelitian ini menganalisis penggunaan media sosial sebagai alat komunikasi pemasaran dalam meningkatkan brand awareness pada UMKM Happy Bites. Dengan pendekatan kualitatif dan studi kasus, penelitian ini berfokus pada akun Instagram UMKM Happy Bites. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Happy Bites menerapkan strategi komunikasi pemasaran yang efektif melalui media sosial, termasuk perencanaan konten yang terstruktur, pendekatan soft selling, dan interaksi aktif dengan konsumen. Happy Bites secara rutin mengunggah konten reels 2-3 kali seminggu dan story setiap hari, serta memanfaatkan iklan berbayar dengan anggaran bulanan terencana. Meskipun jarang memberikan diskon, mereka menawarkan produk gratis dan sampel kepada loyal customer. Happy Bites juga menjaga hubungan baik dengan konsumen dan supplier, serta memanfaatkan mobile marketing dan basis data pelanggan untuk komunikasi yang personal. Tantangan utama yang dihadapi meliputi adaptasi terhadap perubahan algoritma dan tren media sosial, penanganan komentar negatif, serta masalah teknis perangkat. Namun, Happy Bites berhasil mengatasi tantangan ini dengan konsistensi, respon proaktif, dan komitmen terhadap kualitas layanan. Penerapan tujuh dari delapan model komponen komunikasi utama dalam bauran komunikasi pemasaran (pemasaran online dan media sosial, hubungan masyarakat dan publisitas, mobile marketing, pemasaran langsung dan basis data, periklanan, promosi penjualan, dan penjualan pribadi) secara signifikan berkontribusi pada peningkatan brand awareness dan loyalitas pelanggan.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 384 Komunikasi, telekomunikasi 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4 |
User ID Pengunggah: | Shofaun Nada |
Date Deposited: | 29 Aug 2025 08:57 |
Last Modified: | 29 Aug 2025 08:57 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/32197 |