Pengaruh Kepercayaan Publik dan Kepatuhan Wajib Pajak Terhadap Penurunan Penerimaan Pajak

2105421083, Arya Dwi Putra (2025) Pengaruh Kepercayaan Publik dan Kepatuhan Wajib Pajak Terhadap Penurunan Penerimaan Pajak. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bab 2 sampai Bab 4] Text (Bab 2 sampai Bab 4)
Isi 2.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Judul, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel), Abstrak, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka / Referensi] Text (Judul, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel), Abstrak, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka / Referensi)
Halaman Identitas Skripsi1.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kepercayaan Publik dan Kepatuhan Wajib Pajak terhadap Penurunan Penerimaan Pajak di Indonesia, dengan fokus wilayah penelitian di Kota Depok. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Slippery Slope Theory dan Theory of Planned Behavior untuk mendukung penelitian ini. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik Partial Least Squares – Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Data primer dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner daring kepada 100 responden yang terdaftar sebagai wajib pajak aktif. Hasil analisis menunjukkan bahwa Kepercayaan Publik memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap Penurunan Penerimaan Pajak. Hal ini berarti semakin rendah tingkat kepercayaan masyarakat, maka semakin besar risiko terjadinya penurunan penerimaan pajak. Sebaliknya, variabel Kepatuhan Wajib Pajak tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap penurunan penerimaan pajak. Temuan ini menguatkan Slippery Slope Theory yang menekankan pentingnya membangun kepercayaan publik sebagai pondasi untuk meningkatkan kepatuhan sukarela dan menjaga stabilitas penerimaan pajak negara. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi bahan masukan dan evaluasi bagi pemerintah, lembaga otoritas pajak, serta lembaga pendidikan untuk merumuskan kebijakan, program edukasi, dan strategi komunikasi yang efektif dalam membangun kepercayaan publik dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kepatuhan pajak. Penelitian ini juga dapat dijadikan referensi akademik bagi peneliti selanjutnya untuk mengkaji faktor sosial lain yang memengaruhi penerimaan pajak di masa depan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 340 Ilmu hukum > 343 Hukum militer, pertahanan, keuangan publik, pajak, perdagangan (perdagangan), hukum industri
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4
User ID Pengunggah: Arya Putra
Date Deposited: 03 Sep 2025 04:02
Last Modified: 03 Sep 2025 04:02
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/32171

Actions (login required)

View Item
View Item