RANCANGAN STRATEGI PROMOSI PRINTBOX ADVERTISEMENT MELALUI PENDEKATAN VALUE PROPOSITION DAN AIDA MODEL PADA PT STARTUP INOVASI INDONESIA

2105421071, Ilhan Davala Evan (2025) RANCANGAN STRATEGI PROMOSI PRINTBOX ADVERTISEMENT MELALUI PENDEKATAN VALUE PROPOSITION DAN AIDA MODEL PADA PT STARTUP INOVASI INDONESIA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Halaman Identitas Skripsi Ilhan Davala Evan.pdf

Download (916kB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d Bab 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d Bab 4))
Isi Skripsi Ilhan Davala Evan.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Full Paper SNRT 2025 Ilhan Davala Evan_8C.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (612kB)

Abstrak

ILHAN DAVALA EVAN. Rancangan Strategi Promosi Printbox Advertisement melalui Pendekatan Value Proposition dan AIDA Model pada PT Startup Inovasi Indonesia. Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Jakarta, 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi promosi layanan Printbox Advertisement dengan memanfaatkan pendekatan Value Proposition dan AIDA Model sebagai alat analisis utama. Latar belakang penelitian berangkat dari rendahnya kesadaran pasar (market awareness) terhadap layanan advertising dari Inventing, meskipun layanan ini memiliki potensi besar sebagai media Digital Outof-Home (DOOH) berbasis self-service printing station. Kondisi ini mendorong perlunya penyusunan strategi promosi yang mampu menjembatani kesenjanganantara nilai layanan yang ditawarkan dengan persepsi dan kebutuhan pasar sasaran,khususnya segmen B2B, komunitas/organisasi, dan pelaku UMKM.
Analisis dilakukan dengan pendekatan kualitatif studi kasus melalui wawancara mendalam dengan informan internal dan eksternal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Value Proposition Canvas mampu mengidentifikasi kesesuaian antara kebutuhan klien (customer profile) dengan nilai yang ditawarkan (value map), menciptakan product-market fit. Sementara itu, penerapan AIDA Model terbukti efektif dalam menyusun strategi komunikasi yang menarik perhatian, membangun minat, menciptakan keinginan, dan mendorong tindakan dari calon klien. Integrasi kedua pendekatan ini menghasilkan strategi promosi yang lebih terarah, berbasis kebutuhan nyata pengguna, serta mampu meningkatkan visibilitas dan daya tarik layanan Printbox Ads. Temuan ini diharapkan menjadi acuan strategis dalam pengembangan promosi berbasis teknologi oleh perusahaan startup di era digital.
Kata kunci: AIDA Model, DOOH, Printbox Ads, strategi promosi, value
proposition canvas

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4
User ID Pengunggah: S.Tr.Ab Ilhan Davala Evan
Date Deposited: 22 Aug 2025 01:03
Last Modified: 22 Aug 2025 01:03
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/32168

Actions (login required)

View Item
View Item