2105421080, Devira Syahrani Putri (2025) PENGARUH THREAT EMOTION DAN SOCIAL INFLUENCE PADA EVENT PAPERBAG CHALLENGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI THENBLANK (Studi Kasus pada Thenblank Store Jakarta). Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Judul, Pendahuluan, dan Penutup.pdf
Download (5MB)
![[thumbnail of Isi Bab 2 s/d Bab 4]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Isi Bab 2 s_d Bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (7MB)
Abstrak
DEVIRA SYAHRANI PUTRI. Pengaruh Threat Emotion dan Social Influence Pada Event Paperbag Challenge Terhadap Keputusan Pembelian di Thenblank (Studi Kasus pada Thenblank Store Jakarta). Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh threat emotion dan social influence terhadap keputusan pembelian dalam konteks kegiatan pemasaran melalui event paperbag challenge di Thenblank store Jakarta. Fenomena yang diteliti dilatarbelakangi oleh upaya Thenblank dalam menarik kembali minat konsumen berbelanja ke toko fisik di tengah dominasi platform online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausal. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner menggunakan google form kepada 130 responden yang pernah mengikuti event paperbag challenge, baik secara langsung maupun tidak langusung. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling–Partial Least Squares (SEM-PLS) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa threat emotion dan social influence berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini menunjukkan bahwa tekanan emosional berupa rasa takut, cemas, dan khawatir, serta pengaruh sosial dari lingkungan sekitar maupun media sosial, mampu mendorong konsumen untuk mengambil keputusan pembelian secara cepat. Di antara keduanya, social influence menjadi variabel yang paling dominan dalam memengaruhi keputusan pembelian konsumen pada event tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pemahaman mengenai perilaku konsumen, khususnya dalam merespons tekanan emosional dan sosial dalam konteks event marketing yang melibatkan interaksi langsung di toko fisik, serta menjadi acuan dalam pengembangan strategi pemasaran yang lebih efektif.
Kata kunci: Event Marketing, Keputusan Pembelian, Perilaku Konsumen, Social Influence, Threat Emotion.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya) |
---|---|
Subjek: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4 |
User ID Pengunggah: | Devira Syahrani Putri |
Date Deposited: | 29 Aug 2025 08:48 |
Last Modified: | 29 Aug 2025 08:48 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/32124 |