Rancangan Usaha Jasa Penyelenggara Pameran UMKM Oleh PT Trinova Global Expo

2105413054, Sayyidah Hanifah Kahayandi and 2105413034, Fortuna Azariah Vallenska and 2105413109, Bunga Putri Savira (2025) Rancangan Usaha Jasa Penyelenggara Pameran UMKM Oleh PT Trinova Global Expo. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bab 1,2,7, dan Lampiran] Text (Bab 1,2,7, dan Lampiran)
BP PT Trinova Global Expo - BAB 1,2,7, dan Lampiran.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ until 13 August 2025.

Download (39MB)
[thumbnail of Bab 3,4,5, dan 6] Text (Bab 3,4,5, dan 6)
BP PT Trinova Global Expo - BAB 3,4,5, dan 6.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ until 13 August 2025.

Download (6MB)

Abstrak

PT Trinova Global Expo adalah perusahaan jasa yang bergerak di bidang Professional Exhibition Organizer (PEO) dengan fokus pada penyelenggaraan pameran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Perusahaan didirikan pada tanggal 15 Oktober 2025 dengan nomor KBLI 82301 – Jasa Penyelenggara Pertemuan, Perjalanan Insentif, Konferensi, dan Pameran (MICE).

Modal awal perusahaan sebesar Rp160.000.000 yang dialokasikan untuk kebutuhan legalitas, operasional, dan promosi usaha. Perusahaan ini didirikan oleh tiga orang Sarjana Terapan MICE berpengalaman, yaitu Fortuna Azaria Valenska dengan modal awal sebesar 40% sejumlah Rp64.000.000 (Enam puluh empat juta rupiah) sebagai Direktur Utama, Sayyidah Hanifah Kahayandi dengan modal awal 30% sejumlah Rp48.000.000 (Empat puluh delapan juta rupiah) sebagai Direktur Keuangan, dan Bunga Putri Savira dengan modal awal sebesar 30% sejumlah Rp48.000.000 (Empat puluh delapan juta rupiah) sebagai Direktur Pemasaran.

PT Trinova Global Expo memiliki dua produk utama, yaitu full service exhibition management dengan harga Rp1.254.464.946 (Satu miliar dua ratus lima puluh empat juta empat ratus enam puluh empat ribu sembilan ratus empat puluh enam rupiah) per event dengan jumlah 30 booth. Produk kedua yaitu partial service exhibition management dengan harga dasar dimulai dari Rp9.886.154 (Sembilan juta delapan ratus delapan puluh enam ribu seratus lima puluh empat rupiah) sampai dengan Rp356.855.288 (Tiga ratus lima puluh enam juta delapan ratus lima puluh lima ribu dua ratus delapan puluh delapan rupiah) yang dapat disesuaikan dengan permintaan klien.

Segmentasi pasar PT Trinova Global Expo mencakup institusi dari wilayah Jabodetabek dengan skala menengah ke atas yang telah berdiri lebih dari lima tahun dan memiliki pengalaman dalam menyelenggarakan atau berpartisipasi dalam pameran UMKM. Target utama perusahaan adalah Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, BUMN, Korporat Nasional, dan Asosiasi Industri. Positioning perusahaan yaitu menyediakan layanan penyelenggaraan pameran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan klien.

Strategi pemasaran yang diterapkan PT Trinova Global Expo mengacu pada konsep marketing mix 7P (Product, Price, Place, People, Promotion, Physical Evidence, dan Process) yang diperkuat dengan elemen tambahan 1P (Power of Connection). Melalui tiga strategi promosi yang dilakukan yaitu Traditional Promotion dengan berpartisipasi dalam event industri, Digital Promotion melalui media sosial dan website, serta Direct Promotion dengan pendekatan personal kepada calon klien potensial. Seluruh strategi tersebut disusun untuk mendukung kegiatan usaha secara menyeluruh, terarah, dan berkelanjutan.

Proyeksi penjualan produk utama PT Trinova pada tahun 2026 hingga 2030 direncanakan akan dilakukan sejumlah 49 (empat puluh sembilan) pameran. Berdasarkan proyeksi penjualan tersebut diharapkan mendapatkan pendapatan sebesar Rp8.554.286.145 (Delapan miliar lima ratus lima puluh empat juta dua ratus delapan puluh enam ribu seratus empat puluh lima rupiah).

Berdasarkan Return on Investment (ROI), persentase yang diraih perusahaan selama 5 tahun konsisten berada di atas 30%, dengan puncak tertinggi 145,73% pada tahun 2030. Selain itu, Nilai Net Present Value (NPV) yang diperoleh sebesar Rp994.140.234 (Sembilan ratus sembilan puluh empat juta seratus empat puluh ribu dua ratus tiga puluh empat rupiah) menunjukkan nilai yang positif (NPV > 0) dan analisis Payback Period akan kembali dalam waktu 1 tahun 8 bulan 22 hari sehingga dapat disimpulkan bahwa perusahaan memenuhi syarat dan layak untuk dijalankan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
300 – Ilmu Sosial > 340 Ilmu hukum > 340 Ilmu hukum
300 – Ilmu Sosial > 350 Administrasi publik dan ilmu militer > 351 Administrasi publik
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 658 Manajemen umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > MICE D4
User ID Pengunggah: S. Tr. Par Sayyidah Hanifah Kahayandi
Date Deposited: 19 Aug 2025 22:48
Last Modified: 19 Aug 2025 22:48
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/32088

Actions (login required)

View Item
View Item