Strategi Pemasaran pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (Bank BJB) Kantor Induk Cabang Rawamangun dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah

2204321030, Muhamad Farrel Rentisi (2025) Strategi Pemasaran pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (Bank BJB) Kantor Induk Cabang Rawamangun dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Tugas Akhir, Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Tugas Akhir, Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Bab 1-5.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Penulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemasaran yang diterapkan oleh PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (Bank BJB) dalam meningkatkan loyalitas nasabah di tengah persaingan industri perbankan yang semakin ketat, terutama dengan hadirnya bank digital dan fintech. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah observasi langsung selama praktik kerja lapangan, wawancara informal dengan divisi pemasaran Bank BJB, serta studi pustaka dari berbagai sumber literatur dan jurnal ilmiah. Hasil penulisan menunjukkan bahwa Bank BJB menerapkan strategi pemasaran yang adaptif dengan memadukan pendekatan konvensional dan digital, serta memperkuat program loyalitas seperti BJB Super Lucky. Selain itu, Bank BJB juga melakukan inovasi melalui peluncuran produk Deposito SiSuka dan penyelenggaraan event partisipatif seperti Bandoeng 10K. Strategi ini bertujuan membangun keterikatan emosional nasabah serta memperkuat citra merek. Ditemukan bahwa pelayanan personal, keamanan digital, dan program penghargaan yang inklusif menjadi faktor penting dalam membentuk loyalitas sejati. Penulisan ini menyimpulkan bahwa keberhasilan strategi pemasaran Bank BJB sangat dipengaruhi oleh konsistensi dalam memberikan nilai tambah dan responsif terhadap kebutuhan nasabah.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D3
User ID Pengunggah: Farrel Rentisi
Date Deposited: 12 Aug 2025 03:33
Last Modified: 12 Aug 2025 03:33
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/32070

Actions (login required)

View Item
View Item