2105421005, FAIRUZ SU'DA OKTAVIA KUSDARWANTO (2025) PENDEKATAN LEAN DISTRIBUTION DALAM MEREDUKSI WASTE DOMINAN PADA PROSES PENGIRIMAN BARANG (STUDY CASE PT SANGGAR SARANA BAJA CIKUPA). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of BAB I & BAB V.pdf]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I & BAB V.pdf
Download (657kB)
![[thumbnail of BAB II s.d BAB IV.pdf]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II s.d BAB IV.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (1MB) | Request a copy
Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi pemborosan (waste) dominan dan akar penyebabnya di PT Sanggar Sarana Baja Cikupa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Lean Distribution dengan menggabungkan metode Kuantitatif dan Kualitatif untuk menganalisis dan memberikan rekomendasi perbaikan dalam proses distribusi/pengiriman barang di PT Sanggar Sarana Baja Cikupa. Untuk mengidentifikasi pemborosan yang terjadi pada proses pengiriman barang peneliti menggunakan tools berupa current state mapping untuk memetakan kondisi pada saat penelitian dilakukan, kemudian kuesioner borda digunakan untuk mengidentifikasi jenis pemborosan yang dominan, bobot yang di dapatkan kemudian akan dihitung menggunakan value stream analysis tools (VALSAT), setelah pemborosan dominan teridentifikasi selanjutnya mencari akar penyebab permasalahan dengan menggunakan fishbone diagram, untuk kemudian di berikan rekomendasi perbaikan, dan yang terakhir future state mapping untuk memetakan kondisi pada saat perbaikan telah dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pemborosan (waste) dominan yang terjadi yaitu waiting pada proses persiapan administrasi pengiriman dan proses persiapan armada, serta waste transportation pada proses pengiriman barang. Akar penyebab pemborosan ini yaitu tidak ada KPI waktu approval surat jalan, lambatnya pendelegasian approver cadangan, kurangnya sense of urgency, kurang adanya pemeliharaan system, driver tidak tersedia, keterbatasan armada internal, tidak ada system cut off barang setelah barang di muat. Setelah perbaikan dilakukan maka akan menurunkan waktu proses waktu proses yaitu semula 34513 detik menjadi 25146 detik, dan terdapat peningkatan process cycle efficiency yang semula 32,59% menjadi 44%. Penurunan cycle time dan peningkatan process cycle efficiency menandakan bahwa pengiriman barang mengalami peningkatan efektivitas dan efisiensi.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 388 Transportasi 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4 |
User ID Pengunggah: | S.Tr. AB Fairuz Su'da Oktavia Kusdarwanto |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 09:19 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 09:19 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/31968 |