PENGARUH AFFILIATE MARKETING DAN CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP BEHAVIORAL INTENTION DENGAN CUSTOMER TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PRODUK NYEMIL SAJI)

Khalisoh, Rahil (2025) PENGARUH AFFILIATE MARKETING DAN CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP BEHAVIORAL INTENTION DENGAN CUSTOMER TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PRODUK NYEMIL SAJI). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Identitas Skripsi] Text (Identitas Skripsi)
HALAMAN IDENTITAS.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 2 s.d BAB 4] Text (BAB 2 s.d BAB 4)
ISI.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

RAHIL KHALISOH. Pengaruh Affiliate Marketing dan Celebrity Endorsement terhadap Behavioral Intention dengan Customer Trust sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Produk Nyemil Saji). Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta 2025.
Perkembangan media sosial, khususnya TikTok, mendorong UMKM seperti Nyemil Saji untuk memanfaatkan strategi affiliate marketing dan celebrity endorsement dalam memengaruhi perilaku konsumen. Namun, efektivitas kedua strategi tersebut masih menjadi perdebatan, khususnya terkait peran customer trust sebagai variabel mediasi dalam membentuk behavioral intention (niat beli). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh affiliate marketing dan celebrity endorsement terhadap behavioral intention dengan customer trust sebagai variabel intervening. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel berjumlah 150 responden yang merupakan pengguna TikTok berusia Gen Z di wilayah DKI Jakarta dan pernah melihat konten promosi Nyemil Saji. Analisis data dilakukan menggunakan metode Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa affiliate marketing dan celebrity endorsement berpengaruh positif signifikan terhadap customer trust. Selanjutnya, customer trust juga berpengaruh positif signifikan terhadap behavioral intention. Selain itu, ditemukan bahwa customer trust mampu memediasi pengaruh affiliate marketing dan celebrity endorsement terhadap behavioral intention. Penelitian ini menegaskan pentingnya membangun kepercayaan konsumen sebagai faktor kunci dalam efektivitas strategi komunikasi pemasaran digital. Temuan ini memberikan kontribusi teoritis terhadap pengembangan literatur pemasaran digital, serta implikasi praktis bagi UMKM dalam menentukan strategi promosi yang efektif dan tepat sasaran.
Kata kunci : Affiliate Marketing, Behavioral Intention, Celebrity Endorsement, Customer Trust, TikTok.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4
User ID Pengunggah: Rahil Khalisoh
Date Deposited: 08 Aug 2025 15:56
Last Modified: 08 Aug 2025 15:56
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/31773

Actions (login required)

View Item
View Item