2204321003, Dessy (2025) ANALISIS PROMOSI PENJUALAN MOBIL KIJANG INNOVA ZENIX PADA PT ASTRA INTERNATIONAL TBK TOYOTA AUTO2000 CABANG WAHID HASYIM TAHUN 2021 - 2024. D3 thesis, Politkenik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1&5.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DESSYFEB_TA_BAB 2-4.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (1MB)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi promosi penjualan mobil Kijang Innova Zenix yang diterapkan oleh PT Astra International Tbk – Toyota Auto2000 Cabang Wahid Hasyim pada periode 2021 hingga 2024. Innova Zenix merupakan produk terbaru dari Toyota yang mengusung teknologi hybrid dan menyasar segmen pasar keluarga modern. Dalam upaya meningkatkan penjualan, Auto2000 Cabang Wahid Hasyim menerapkan berbagai strategi promosi, baik melalui media digital maupun konvensional, seperti test drive, cashback, program cicilan ringan, dan tukar
tambah kendaraan lama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi,
dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi yang dijalankan telah memberikan dampak positif terhadap peningkatan
jumlah Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) setiap tahunnya. Puncak efektivitas promosi terjadi pada tahun 2023, di mana terjadi lonjakan penjualan seiring dengan intensitas promosi digital dan kerja sama pembiayaan. Namun demikian, terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan promosi, seperti keterbatasan stok kendaraan pada awal peluncuran dan keterbatasan varian warna yang diminati konsumen.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa strategi promosi yang diterapkan oleh Auto2000 Cabang Wahid Hasyim secara umum efektif dalam meningkatkan penjualan Innova Zenix, terutama ketika dikombinasikan dengan pendekatan digital
dan personal selling yang adaptif terhadap tren pasar.
Kata Kunci: Promosi Penjualan, Strategi Pemasaran, Innova Zenix, Auto2000, Hyb
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3) |
---|---|
Subjek: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D3 |
User ID Pengunggah: | Dessy Febriyanti |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 07:16 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 07:16 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/31760 |