PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN BERBASIS SWOT ANALYSIS DAN BUSINESS MODEL CANVAS UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING (STUDI KASUS CV DAMMA CAHAYA CATERING)

2105421044, Yasmin (2025) PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN BERBASIS SWOT ANALYSIS DAN BUSINESS MODEL CANVAS UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING (STUDI KASUS CV DAMMA CAHAYA CATERING). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Skripsi Yasmin_Repository BAB 1 dan BAB 5.pdf] Text
Skripsi Yasmin_Repository BAB 1 dan BAB 5.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi Yasmin_Repository BAB 2 - BAB 4.pdf] Text
Skripsi Yasmin_Repository BAB 2 - BAB 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

Yasmin Najwa. Perumusan Strategi Pemasaran Berbasis SWOT Analysis dan Business Model Canvas Untuk Meningkatkan Daya Saing (Studi Kasus Usaha Katering CV Damma Cahaya Catering). Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran yang efektif untuk CV Damma Cahaya Catering guna meningkatkan daya saing di Tengah persaingan usaha catering yang semakin kompetitif di Kota Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi kasus. Analisis dilakukan melalui pengumpulan data primer berupa wawancara dengan pemilik usah/manajer operasional serta konsumen tetap yang sudah menggunakan catering CV Damma Cahaya Catering minimal dua kali, dan pengisian kuesioner SWOT yang dianalisis dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil analisis menunjukan bahwa kekuatan utama CV Damma Cahaya Catering terletak pada kualitas rasa makanan, pelayanan professional, dan harga bersaing dengan paket yang lengkap. Kelemahan utama meliputi SOP yang belum optimal dan promosi digital yang belum maksimal. Peluang usaha terletak pada perluasan pasar harian dan kerja sama dengan vendor pernikahan, sementara ancaman terbesar berasal dari competitor yang lebih aktif di media sosial dan menawarkan paket lengkap. Dengan memanfaatkan hasil SWOT dan memetakan Sembilan elemen Business Model Canvas, disusun strategi pemasaran yang adaptif, fokus pada peningkatan digital branding menjadi acyan startegi bagi CV Damma Cahaya Catering maupun pelaku usaha katering lainnya dalam merespon dinamika pasar.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 010 Bibliografi > 010 Bibliografi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4
User ID Pengunggah: Yasmin Najwa
Date Deposited: 12 Aug 2025 02:03
Last Modified: 12 Aug 2025 02:03
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/31629

Actions (login required)

View Item
View Item