ANALISIS KERUSAKAN PADA PERMUKAAN CYLINDER HEAD PADA ENGINE TYPE 3412 CATERPILLAR 773E UNIT OFF-HIGHWAY TRUCKS DI PT. XYZ

Prakarsa, Maris (2025) ANALISIS KERUSAKAN PADA PERMUKAAN CYLINDER HEAD PADA ENGINE TYPE 3412 CATERPILLAR 773E UNIT OFF-HIGHWAY TRUCKS DI PT. XYZ. D3 thesis, POLITEKNIK NEGERI JAKARTA.

[thumbnail of Halaman Identitas Tugas Akhir.pdf] Text
Halaman Identitas Tugas Akhir.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ISI BAB 2 s_d 4.pdf] Text
ISI BAB 2 s_d 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Artikel Seminar Nasional_Maris Prakarsa_2202311007.pdf] Text
Artikel Seminar Nasional_Maris Prakarsa_2202311007.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (491kB) | Request a copy

Abstrak

PT. XYZ sebagai agen tunggal Caterpillar menyediakan alat berat penting untuk industri pertambangan dan konstruksi. Off-highway truck dengan engine diesel tipe 3412 banyak digunakan karena performanya yang tinggi. Cylinder head sebagai komponen utama mesin sering mengalami kerusakan akibat faktor seperti kontaminasi coolant, overheating, dan kurangnya perawatan. Analisis kerusakan cylinder head penting untuk meningkatkan keandalan mesin dan menjaga kelancaran operasional alat berat. Berd asarkan temuan d ilapangan penulis menemukan permasalahan terjadi pada cylinder head, dimana pada cylinder head tersebut terjadi kerusakan, kerusakan ini dapat dipengaruhi beberapa factor yang diduga menjadi penyebab kerusakan yang terjadi pada cylinder head tersebut. Dugaan yang menjadi sebab-sebab kerusakan pada cylinder head tersebut di antaranya yaitu kurangnya kontrol terhadap kontaminasi coolant, sistem pelumasan yang tidak optimal akibat oli yang jarang diganti atau tidak dirawat dengan baik, overheating, dan beban kerja yang berlebihan. Untuk mengetahui penyebab utama kerusakan yang terjadi pada cylinder head, dilakukan analisa dengan menggunakan metode Applied Failure Analysis (AFA) yang mengacu pada fakta lapangan, observasi visual, danstudiliteratur. Melalui proses analisa ditemukan kemungkinan kerusakan yaitu overheating dan coolant yang tidak sesuai standar yang tidak memiki zat anti-karat, kerusakan pada surface combustion area, fire ring area dan crack pada combustion area. Kerusakan cylinder head disebabkan oleh rusaknya surface combustion area mengalami crack, fire ring mengalami corrosion, dan seat insert valve mengalami keausan mat erial yang kemud ian menyebabkan overheating, terkontaminasinya sistem pembakaran dan sistem pendingin pada cylinder head. Pencegahannya dengan cara melakukan Pemeliahraan rutin seperti Preventive Maintenance (PM), selalu memerhatikan prosedur contamintinan control, melakukan perawatan dan pengecekan terharap oli mesin, coolant, dan juga kualitas bakar bakar agar pembakaran terbakar dengan sempurna.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknik Mesin D3
User ID Pengunggah: Maris Prakarsa
Date Deposited: 28 Aug 2025 10:00
Last Modified: 28 Aug 2025 10:00
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/31608

Actions (login required)

View Item
View Item