2105421100, Firza Intania Azzahra (2025) PERBANDINGAN PENGARUH KERJA SAMA BEAUTY INFLUENCER DAN CELEBRITY ENDORSEMENT SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN (Studi Kasus Tiktok Somethincofficial Berdasarkan Segmentasi Generasi Z). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Identitas Skripsi & Bab 1 dan Bab 5]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman identitas.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB 2 s.d BAB 4]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 2 sd BAB 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (1MB) | Request a copy
Abstrak
FIRZA INTANIA AZZAHRA. Perbandingan Pengaruh Kerja Sama Beauty Influencer Dengan Celebrity Endorsement Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Terhadap Kepercayaan Konsumen (Studi Kasus Tiktok Somethincofficial Berdasarkan Segmentasi Generasi Z). Jurusan Administrasi Niaga. Politeknik Negeri Jakarta 2025.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berkembangnya industri kecantikan di Indonesia dan meningkatnya aktivitas generasi Z di media sosial, khususnya media sosial TikTok. Somethinc sebagai salah satu merek kecantikan lokal memanfaatkan strategi komunikasi pemasaran digital melalui kerja sama dengan beauty influencer dan celebrity endorsement sebagai cara untuk membangun kepercayaan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pengaruh beauty influencer dan celebrity endorsement terhadap kepercayaan konsumen generasi Z terhadap merek Somethinc. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif komparatif. Populasi pada penelitian ini adalah generasi Z yang berdomisili di DKI Jakarta, aktif menggunakan Tiktok dan pernah membeli produk Somethinc. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik non probability sampling pada metode pengambilan sampel purposive sampling. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner kepada 150 responden secara online. Data dianalisis melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda dan uji T menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beauty influencer dan celebrity endorsement memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen terhadap merek Somethinc. Namun, beauty influencer memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan celebrity endorsement dalam membangun kepercayaan konsumen. Peneliti menyarankan agar Somethinc lebih mengutamakan promosi melalui beauty influencer dan memilih beauty influencer yang memiliki gaya komunikasi baik dan lugas.
Kata Kunci: Beauty Influencer, Celebrity Endorsement, Generasi Z, Kepercayaan Konsumen, Somethinc.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4 |
User ID Pengunggah: | Firza Intania Azzahra |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 08:54 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 08:54 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/31586 |