2202311022, Raihan Firza Pratama (2025) STUDI KASUS PENYEBAB TERJADINYA HIGH PRESSURE PADA CRANKCASE ENGINE CUMMINS QSM 15. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of BAB II LANDASANA TEORI - BAB IV PEMBAHASAN]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Laporan Tugas Akhir Raihan Firza Pratama BAB II - BAB IV.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (2MB)
![[thumbnail of PAPPER SEMINAR NASIONAL]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Semnas_2025_Raihan Firza Pratama_1.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (861kB)
![[thumbnail of BAB 1 PENDAHULUAN & BAB V KESIMPULAN]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAPORAN TUGAS AKHIR BAB I & BAB V RAIHAN FIRZA PRATAMA.pdf
Download (1MB)
Abstrak
Crankcase high pressure (engine blow by) merupakan gejala awal dari kerusakan internal
pada engine diesel dan dapat mengakibatkan penurunan performa serta kerusakan lebih
lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi akar penyebab crankcase high
pressure pada engine Cummins QSM15 melalui pendekatan Root Cause Analysis (RCA)
menggunakan Fishbone Diagram. Studi kasus dilakukan pada excavator LiuGong
CLG975E dengan jam operasional 2.345 jam. Hasil pengukuran awal menunjukkan
tekanan blow by sebesar 4,3 inH₂O (0,155 Psi) pada idle rendah dan 9 inH₂O (0,325 Psi)
pada idle tinggi, jauh melebihi batas maksimum spesifikasi pabrikan yaitu ≤ 3 inH₂O
(0,108 Psi). Investigasi menemukan adanya retakan pada piston, goresan pada cylinder
liner, dan keausan ring piston, disebabkan oleh dust ingestion akibat kerusakan pada filter
udara. Kontaminasi oli juga terkonfirmasi dari kadar Fe = 24,50 ppm dan Si = 19,50 ppm.
Setelah penggantian komponen dan validasi ulang, tekanan blow by menurun signifikan
menjadi 0,3 inH₂O (0,010 Psi) pada idle rendah dan 1 inH₂O (0,036 Psi) pada idle tinggi.
Hasil ini membuktikan keberhasilan tindakan korektif. Penelitian ini merekomendasikan
penerapan preventive maintenance, pergantian filter udara berkala, dan sistem proteksi
tambahan pada air intake.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3) |
---|---|
Subjek: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Mesin > Teknik Mesin D3 |
User ID Pengunggah: | Raihan Firza Pratama |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 09:33 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 09:33 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/31572 |