Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pembiayaan Mitraguna Pada Bank Syariah Indonesia Cabang XYZ

2204321042, Ahmad Habibi (2025) Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pembiayaan Mitraguna Pada Bank Syariah Indonesia Cabang XYZ. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
Judul, Pendahuluan dan Penutup.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
Bab 2 sd Bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (742kB)

Abstrak

Fenomena menurunnya jumlah nasabah yang mengajukan pembiayaan Mitraguna Berkah di Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang XYZ menimbulkan kekhawatiran akan kualitas layanan yang ditawarkan. Penulisan ini mengkaji pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah pada produk pembiayaan Mitraguna Berkah di Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang XYZ. Metode penulisan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan penyebaran kuesioner tertutup. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria nasabah aktif pengguna pembiayaan Mitraguna Berkah, dan diperoleh sebanyak 148 responden berdasarkan rumus Slovin. Hasil menunjukkan bahwa seluruh dimensi kualitas layanan dalam model CARTER berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah, dengan dimensi Assurance (tingkat keyakinan dan kepercayaan yang diberikan oleh penyedia layanan kepada nasabah) menjadi dimensi yang paling dominan. Kesimpulan dari penulisan ini adalah kualitas layanan yang sesuai syariah secara signifikan meningkatkan kepuasan nasabah, dan peningkatan kualitas pelayanan menjadi kunci menjaga loyalitas nasabah di tengah persaingan industri perbankan syariah.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 336 Keuangan publik
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D3
User ID Pengunggah: Ahmad Habibi
Date Deposited: 06 Aug 2025 07:10
Last Modified: 06 Aug 2025 07:10
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/31480

Actions (login required)

View Item
View Item