PENYELENGGARAAN PAMERAN OLAHRAGA FITFLEX INDONESIA OLEH PT TIGA SWARA CONNECTICA

Khansa, Nadia and Gibran, Zia and Sidarta, Fadhil (2025) PENYELENGGARAAN PAMERAN OLAHRAGA FITFLEX INDONESIA OLEH PT TIGA SWARA CONNECTICA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

Full text not available from this repository.

Abstrak

PT Tiga Swara Connectica merupakan perusahaan event organizer yang berfokus
pada penyelenggaraan pameran, dengan spesialisasi utama pada industri olahraga.
Produk unggulan perusahaan adalah FitFlex Indonesia, sebuah pameran olahraga
berskala nasional yang dirancang sebagai wadah interaktif antara brand-brand
olahraga lokal dengan pengunjung. Melalui kombinasi booth interaktif, talkshow
bersama influencer dan praktisi olahraga, workshop (yoga, fitness, nutrisi), hingga
simulasi olahraga berbasis Console Game. FitFlex Indonesia menghadirkan
pengalaman pameran yang modern dan relevan dengan tren gaya hidup sehat
masyarakat urban. Pameran ini diselenggarakan setiap tahun di dua kota besar, yaitu
Jakarta dan Surabaya, dengan target minimal 100 exhibitor setiap penyelenggaraan.
Segmentasi pasar utamanya mencakup merek lokal yang bergerak di bidang
fasilitas olahraga, suplemen kesehatan, peralatan dan perlengkapan olahraga,
aksesori olahraga, serta teknologi olahraga.
Jenis usaha yang dijalankan PT Tiga Swara Connectica adalah penyelenggaraan
pameran business-to-consumer (B2C) untuk sektor olahraga lokal. Produk yang
ditawarkan tidak hanya terbatas pada penyediaan booth indoor. Penyelenggara
pameran didasarkan pada hasil survei kuesioner yang dilakukan sebelumnya. Data
survei menunjukkan tingkat antusiasme yang sangat tinggi di kalangan exhibitor,
sebesar 74,4% menyatakan ketertarikan untuk berpartisipasi dalam pameran
olahraga. Selain itu, 25,6% responden mengakui bahwa pameran olahraga
memberikan dampak positif dalam mencapai tujuan bisnis yang dimiliki exhibitor.
Berdasarkan perhitungan proyeksi penyelenggaraan pameran olahraga dan melihat
kemampuan operasional perusahaan, penyelenggaraan pameran FitFlex Indonesia
mengalami peningkatan frekuensi dari tahun ke tahun. Rencana dan prospek
pengembangan usaha menanggapi tren olahraga yang terus meningkat di Indonesia,
PT Tiga Swara Connectica memiliki rencana pengembangan produk yang jelas dan
bertahap. Pada tahun 2026, perusahaan menargetkan peluncuran satu produk utama
yaitu pameran FitFlex Indonesia dan empat produk pendamping yaitu turnamen
Mini Soccer Clash dan Padel Masters Cup. Di tahun berikutnya, ekspansi dilakukan
dengan menaikkan jumlah produk utama menjadi dua kali penyelenggaraan dalam
setahun, dan pada tahun 2028, perusahaan berambisi menghadirkan tiga produk
utama dan lima produk pendamping. Melihat proyeksi nilai ekonomi industri
olahraga yang diperkirakan mencapai 45 triliun pada tahun 2026, pasar pameran
olahraga menunjukkan peluang pertumbuhan yang sangat besar. FitFlex Indonesia
hadir untuk mengisi celah pasar tersebut sekaligus menjadi wadah penguatan brand
lokal Indonesia yang masih kurang terekspos di ajang serupa.
PT Tiga Swara Connectica memulai operasional dengan modal awal sebesar Rp
175.000.000. Perusahaan menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dengan
proyeksi peningkatan penjualan dari 2026 sebesar Rp 722.640.680, tahun 2027
sebesar Rp 1.298.167.325 dan pada tahun 2028 sebesar Rp 2.123.294.773. Pada
arus kas perusahaan, terdapat peningkatan saldo kas tahun 2026 sebesar Rp
93.981.842 , tahun 2027 sebesar Rp210.013.269 dan tahun 2028 sebesar Rp
552.132.550 Sementara neraca keuangan menunjukkan keseimbangan antara aset
dan liabilitas setiap tahunnya. Laba bersih perusahaan meningkat pada setiap
tahunnya, tahun 2026 sebesar Rp 44.532.121, tahun 2027 sebesar Rp 264.326.654
dan tahun 2028 meningkat sebesar Rp 664.504.361. Periode pengembalian
investasi tercapai dalam waktu 2 tahun 9 bulan 73 hari, dengan Return on
Investment (ROI) yang meningkat dengan persentase ROI tahun 2026 sebesar
43.22%, tahun 2027 sebesar 110.93% dan tahun 2028 115.89%. Dengan
mempertimbangkan seluruh faktor tersebut serta didukung oleh data dan analisis
yang akurat, kami dengan penuh keyakinan menyatakan bahwa bisnis ini memiliki
daya saing yang kuat dan berpotensi untuk berkembang secara berkelanjutan di
masa depan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > MICE D4
User ID Pengunggah: Nadia Khansa
Date Deposited: 08 Aug 2025 11:29
Last Modified: 08 Aug 2025 11:29
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/31467

Actions (login required)

View Item
View Item