2105421096, Dhea Novtalia Wijaya (2025) PENGARUH CONSUMER INNOVATIVENESS DAN BRAND REPUTATION TERHADAP MINAT BELI PRODUK FASHION BARU MELALUI E-COMMERCE SHOPEE. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Bab 1 dan Bab 5]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cover, Bab 1, dan Bab 5.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Bab 2, Bab 3, dan Bab 4]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 2, 3, dan 4 - Dhea Novtalia Wijaya.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (2MB)
Abstrak
Perkembangan e-commerce di Indonesia mengalami pertumbuhan yang pesat, khususnya dalam sektor fashion. Shopee sebagai salah satu platform e-commerce terpopuler menyediakan berbagai produk fashion terbaru dan menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia. Fenomena ini mendorong pentingnya memahami faktor-faktor yang memengaruhi minat beli konsumen terhadap produk fashion baru melalui platform digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh consumer innovativeness dan brand reputation terhadap minat beli terhadap produk fashion baru melalui e-commerce Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 130 responden yang berdomisili di DKI Jakarta dan pernah membeli produk fashion melalui Shopee. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dan reliabilitas instrumen, uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas), analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, serta pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel consumer innovativeness dan brand reputation secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen. Nilai signifikansi untuk consumer innovativeness adalah 0,030 dengan t_hitung 2,191 > t_tabel 1,978, sedangkan brand reputation memiliki nilai signifikansi 0,000 dengan t_hitung 21,018 > t_tabel 1,978. Secara simultan, kedua variabel memiliki pengaruh yang signifikan dengan F_hitung sebesar 314,571 > F_tabel 3,07 dan signifikansi sebesar 0,000. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa consumer innovativeness dan brand reputation secara signifikan memengaruhi minat beli terhadap produk fashion baru di e-commerce Shopee.
Kata kunci: Consumer innovativeness, Brand reputation, Minat beli, Fashion, E-commerce
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4 |
User ID Pengunggah: | Dhea Novtalia Wijaya |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 12:30 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 12:30 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/31443 |