Pengaruh Product Knowledge Dan Social Media Marketing Tiktok Terhadap Minat Beli Green Product Menstrual Cup Pada Generasi Z Di Jakarta Timur

2105421007, Ananda Ratu Permatha (2025) Pengaruh Product Knowledge Dan Social Media Marketing Tiktok Terhadap Minat Beli Green Product Menstrual Cup Pada Generasi Z Di Jakarta Timur. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas.pdf] Text
Halaman Identitas.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab 2 - Bab 4.pdf] Text
Bab 2 - Bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Ananda Ratu Permatha_Jurnal SNRT Ananda Ratu Permatha.pdf] Text
Ananda Ratu Permatha_Jurnal SNRT Ananda Ratu Permatha.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (456kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh product knowledge dan social media marketing terhadap minat beli produk menstrual cup ramah lingkungan pada Generasi Z di Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan yaitu strategi kuantitatif dengan tipe penelitian asosiatif kausal (hubungan sebab-akibat). Pengambilan sampel purposive dikombinasikan dengan teknik pengambilan sampel non-probability. Dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden yang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan, rumus sampel yang digunakan adalah rumus Isaac dan Michael. Data primer dan sekunder digunakan dalam proses pengumpulan data. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan aplikasi SmartPLS versi empat (4). Temuan studi membuktikan bahwasanya variabel product knowledge berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dengan nilai p-value 0,000 < 0,05 dan t-hitung 7,309 > t-tabel 1,65, serta koefisien regresi sebesar 0,324 (32%). Ini membuktikan bahwasanya product knowledge mempunyai kontribusi yang signifikan dalam mempengaruhi minat beli produk menstrual cup. Selanjutnya, variabel social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dengan nilai p-value 0,000 < 0,05 dan t-hitung 4,184 > t-tabel 1,65, serta koefisien regresi sebesar 0,593 (59%). Artinya, semakin baik pemahaman produk dan pemasaran melalui media sosial, semakin besar minat beli konsumen. Secara bersamaan, kedua variabel tersebut memberikan pengaruh signifikan terhadap minat beli dengan nilai R-Square sebanyak 0,690, yang artinya kedua variabel tersebut mempengaruhi 69% minat beli produk menstrual cup, sementara 31% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dianalisis dalam penelitian ini.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 381 Perdagangan
500 – Ilmu Pengetahuan > 570 Biologi > 570 Biologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4
User ID Pengunggah: Ananda Permatha
Date Deposited: 08 Aug 2025 16:49
Last Modified: 08 Aug 2025 16:49
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/31381

Actions (login required)

View Item
View Item