PENGARUH HALAL AWARENESS, K-CONTENT CREATOR DAN SERVICESCAPE TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN PADA KOREAN MINIMARKET: Studi Kasus di K3mart Tangerang

2105421117, Novita Sari Dewi (2025) PENGARUH HALAL AWARENESS, K-CONTENT CREATOR DAN SERVICESCAPE TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN PADA KOREAN MINIMARKET: Studi Kasus di K3mart Tangerang. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi_Novita Sari Dewi_Bab 1 & 5] Text (Halaman Identitas Skripsi_Novita Sari Dewi_Bab 1 & 5)
Halaman Identitas Skripsi_Novita Sari Dewi_Bab 1 & 5.pdf

Download (889kB)
[thumbnail of Isi_Novita Sari Dewi_Bab 2 s-d 4] Text (Isi_Novita Sari Dewi_Bab 2 s-d 4)
Isi_Novita Sari Dewi_Bab 2 s-d 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Halal Awareness, K-Content Creator, dan Servicescape terhadap Preferensi Konsumen pada Korean Minimarket, dengan studi kasus pada K3mart di Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 160 responden yang memenuhi kriteria dan sudah pernah mengunjunggi K3mart yang berada di wilayah Tangerang. Analisis data dilakukan dengan metode Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) menggunakan SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa ketiga variabel independen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap preferensi konsumen. Secara parsial, Halal Awareness dan Servicescape memiliki pengaruh positif dan signifikan, sedangkan K-Content Creator tidak menunjukkan pengaruh signifikan atau berpengaruh negatif terhadap preferensi konsumen. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan pentingnya kesadaran halal dan lingkungan fisik toko (servicescape) dalam membentuk preferensi konsumen Muslim terhadap produk makanan Korea. Nilai R-square mengindikasikan bahwa sekitar 53,4% variasi Preferensi Konsumen dapat dijelaskan oleh ketiga variabel tersebut, sedangkan 46,6% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Rekomendasi diberikan kepada pelaku usaha untuk meningkatkan transparansi informasi halal, perusahaan perlu lebih selektif dalam memilih influencer yang memiliki citra positif, autentik, serta relevan dengan nilai perusahaan dan karakteristik target pasar serta menciptakan lingkungan toko yang nyaman dan ramah.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik
300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4
User ID Pengunggah: Novita Sari Dewi
Date Deposited: 08 Aug 2025 16:37
Last Modified: 08 Aug 2025 16:37
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/31341

Actions (login required)

View Item
View Item