2105421024, Anggira Putra Maladewa (2025) Penanganan Barang Diskrepansi di PT Grahaprima Sukses Mandiri Tbk. dengan Metode Fishbone Diagram. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Anggira Putra Maladewa_Watermark 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Isi Bab 2 - Bab 4]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Anggira Putra Maladewa_Watermark 2.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (2MB)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penyebab terjadinya barang diskrepansi dalam proses pengiriman oleh PT Grahaprima Sukses Mandiri. Menjaga kepuasan pelanggan dan kualitas layanan memerlukan upaya perusahaan dalam mengidentifikasi penyebab utama dari ketidaksesuaian barang yang dikirim. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, serta menerapkan metode fishbone diagram untuk menggambarkan kategori penyebab permasalahan berdasarkan lima aspek utama: manusia, mesin, metode, material, dan lingkungan. Selain itu, pendekatan kaizen digunakan untuk merancang upaya perbaikan yang bersifat berkelanjutan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung dan wawancara mendalam dengan lima informan dari berbagai bagian terkait di perusahaan. Hasil penelitian mengidentifikasi lima penyebab utama diskrepansi, yaitu kesalahan dalam proses serah terima barang oleh driver (man), kondisi armada yang kurang optimal (machine), tidak konsistennya SOP pengiriman (method), kualitas kemasan yang rendah (material), serta kondisi rute dan cuaca yang tidak mendukung (environment). Setelah dilakukan analisis dan usulan perbaikan, ditemukan bahwa efektivitas operasional dapat ditingkatkan, serta tingkat diskrepansi dapat diminimalisasi. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan analisis akar masalah dan perbaikan berkelanjutan mampu meningkatkan efisiensi dan kualitas pengiriman.
Kata Kunci: Barang Diskrepansi, Fishbone diagram, Kaizen
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 388 Transportasi |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4 |
User ID Pengunggah: | Anggira Putra Maladewa |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 16:31 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 16:31 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/31321 |