PERENCANAAN USAHA PENERAPAN SUSTAINABILITY DALAM EXHIBITION INDUSTRI KREATIF UNTUK MENINGKATKAN NILAI ESG (ENVIRONMENTAL, SOCIAL, AND GOVERNANCE) OLEH PT MAPLE

2105414023, Clarannisa Marwahna and 2105414022, Luluk Afidatul Mudhomah and 2105414040, Zihan Rianti (2025) PERENCANAAN USAHA PENERAPAN SUSTAINABILITY DALAM EXHIBITION INDUSTRI KREATIF UNTUK MENINGKATKAN NILAI ESG (ENVIRONMENTAL, SOCIAL, AND GOVERNANCE) OLEH PT MAPLE. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
%28Bagian%20Identitas%20Skripsi%20%26%20Pembukaan%20%28Bab%201%29%20dan%20Penutup%20%28Bab%205%29.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
Bagian%20isi%20bab%202-4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
PAPER KELOMPOK 10 2.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (296kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan perencanaan usaha pameran bertema keberlanjutan (sustainability)
dalam sektor industri kreatif yang diselenggarakan oleh PT Maple sebagai strategi untuk meningkatkan nilai
Environmental, Social, and Governance (ESG) perusahaan. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada
meningkatnya urgensi implementasi prinsip keberlanjutan dalam dunia usaha serta perlunya ruang kolaboratif
yang mampu mengintegrasikan nilai-nilai ESG ke dalam kegiatan promosi dan komunikasi bisnis. Metode
penelitian yang digunakan bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif guna memperoleh
gambaran yang komprehensif mengenai peluang pasar, minat konsumen, serta kesiapan bisnis untuk
menghadirkan solusi berbasis keberlanjutan. Hasil perencanaan menunjukkan bahwa penyelenggaraan pameran
bertema sustainability memiliki prospek komersial yang menjanjikan sekaligus berkontribusi terhadap
pembentukan citra perusahaan yang berwawasan lingkungan dan sosial. Perencanaan usaha ini mencakup
analisis segmentasi pasar, strategi komunikasi pemasaran, rancangan operasional kegiatan, serta proyeksi
finansial. Perencanaan ini diharapkan dapat menjadi model rujukan dalam pengembangan kegiatan pameran
yang berorientasi pada keberlanjutan di masa mendatang.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 010 Bibliografi > 016 Bibliografi karya tentang subjek tertentu
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 030 Ensiklopedia dan buku fakta > 030 Karya ensiklopedia umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > MICE D4
User ID Pengunggah: Zihan Rianti
Date Deposited: 05 Aug 2025 08:19
Last Modified: 05 Aug 2025 08:19
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/31317

Actions (login required)

View Item
View Item