2105421037, Muhamad Fajar Saputra (2025) Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Pendekatan Marketing Mix 7p Dalam Meningkatkan Penjualan Di Refna Wedding. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Muhamad Fajar Saputra_AN_2105421037_Skripsi-Bagian 1.pdf]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Muhamad Fajar Saputra_AN_2105421037_Skripsi-Bagian 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Muhamad Fajar Saputra_AN_2105421037_Skripsi-Bagian 2.pdf]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Muhamad Fajar Saputra_AN_2105421037_Skripsi-Bagian 2.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (1MB)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi pemasaran melalui pendekatan marketing mix 7P dan menganalisis pengoptimalan strategi untuk meningkatkan penjualan di Refna Wedding. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan menggunakan data kualitatif sebagai data utama dan data kuantitatif sebagai pendukung. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi kepada internal perusahaan dan kuisioner kepada konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Refna Wedding telah menerapkan seluruh elemen dalam bauran pemasaran secara menyeluruh. Produk ditawarkan dalam bentuk paket lengkap dan layanan satuan yang fleksibel; harga ditentukan berdasarkan bottom price dan penambahan margin dengan opsi custom package; tempat mencakup distribusi media digital dan penggunaan kantor fisik; promosi dilakukan secara visual dan tematik dengan berbagai media sosial; people menekankan sikap ramah dan empatik dengan pengelolaan sdm berupa briefing dan evaluasi; proses pelayanan terstruktur dan sudah terdokumentasi; serta bukti fisik seperti desain kantor, identitas visual, dan kelengkapan dokumen mendukung citra profesional Refna. Meskipun demikian, hasil analisis juga menunjukkan adanya beberapa strategi yang perlu dioptimalkan. Pertama, konten testimoni pelanggan belum ditampilkan secara maksimal, padahal hal ini penting dalam membangun kepercayaan pada industri jasa. Kedua, fasilitas kantor fisik masih perlu ditingkatkan dari segi kenyamanan dan kelengkapan area konsultasi. Ketiga, pelatihan SDM masih dilakukan secara informal, sehingga perlu pengembangan sistem pelatihan dan SOP tertulis untuk menjaga kualitas layanan secara konsisten. Dengan mengoptimalkan ketiga aspek tersebut, Refna Wedding diharapkan dapat meningkatkan keunggulan kompetitifnya dalam menghadapi dinamika industri pernikahan yang semakin berbasis pada pengalaman pelanggan (customer experience).
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4 |
User ID Pengunggah: | Unnamed user with email muhamad.fajar.saputra.an21@mhsw.pnj.ac.id |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 02:35 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 02:35 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/31311 |