2105421067, Stephanie Nurhadijaya (2025) PENENTUAN HARGA JUAL DENGAN METODE FULL COSTING DAN STRATEGI PENETAPAN HARGA UMKM COFFEE SHOP (Studi Kasus pada Hospes Coffee di Kabupaten Tegal). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Stephanie Nurhadijaya_Skripsi Upload Repository PNJ BAB 1 & 5.pdf
Download (677kB)
![[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d Bab 4)]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Stephanie Nurhadijaya_Skripsi Upload Repository PNJ BAB 2 - 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (1MB)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perhitungan harga pokok produksi menggunakan metode full costing sebagai dasar untuk menentukan harga jual dan merumuskan strategi penetapan harga yang tepat untuk diterapkan oleh Hospes Coffee. Metode full costing dipilih sebagai metode utama karena mempertimbangkan perhitungan seluruh elemen biaya produksi yang meliputi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya overhead. Hospes Coffee merupakan sebuah coffee shop sederhana yang terletak di Kabupaten Tegal dan baru mulai beroperasi pada bulan Februari 2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif (non statistik). Sumber data didapatkan dengan data sekunder berupa data penjualan bulan Mei 2025 dan perhitungan harga pokok produksi yang digunakan oleh owner Hospes Coffee. Hasil penelitian menunjukan bahwa harga pokok produksi dengan metode full costing lebih tinggi dibandingkan dengan perhitungan yang dilakukan oleh owner. Hal tersebut terjadi karena adanya biaya-biaya yang tidak disertakan ke dalam perhitungan seperti biaya tenaga kerja dan biaya overhead. Perubahan perhitungan harga pokok produksi dengan metode full costing diikuti dengan perhitungan ulang harga jual menu menggunakan metode cost-plus pricing dengan persentase markup harga yang wajar untuk industri food and beverage (fnb) sebesar 50%. Strategi penetapan harga yang dapat dilakukan oleh Hospes Coffee yaitu dengan strategi diskon untuk seluruh menu dengan diskon maksimal 15% dan strategi bundling produk dengan menggabungkan produk yang paling banyak terjual dengan produk yang belum terdapat penjualan.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 338 Produksi 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 381 Perdagangan |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4 |
User ID Pengunggah: | D4 Stephanie Nurhadijaya |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 16:26 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 16:26 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/31289 |