Pengaruh Halal Awareness, Electronic Word of Mouth (E- WoM), dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal (Studi pada Konsumen Produk Somethinc di DKI Jakarta)

2104411036, Sintiya Pratiwi (2025) Pengaruh Halal Awareness, Electronic Word of Mouth (E- WoM), dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal (Studi pada Konsumen Produk Somethinc di DKI Jakarta). Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman identitas dokumen skripsi] Text (Halaman identitas dokumen skripsi)
Halaman Identitas Skripsi_Sintiya Pratiwi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi] Text (BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi)
Isi (Bab 2 sd Bab 4)_Sintiya Pratiwi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (826kB)
[thumbnail of Manuskrip artikel ilmiah] Text (Manuskrip artikel ilmiah)
Manuskrip artikel ilmiah (jurnal)_Sintiya Pratiwi.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (309kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Halal Awareness, Electronic Word of Mouth (E-WoM), dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian kosmetik halal pada konsumen produk Somethinc di DKI Jakarta. Latar belakang penelitian ini didasari oleh potensi besar pasar kosmetik halal di Indonesia serta fenomena preferensi konsumen yang tidak hanya mempertimbangkan aspek kehalalan, tetapi juga dipengaruhi oleh ulasan online dan penilaian terhadap harga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada 160 responden beragama Islam, berusia 18–40 tahun, berdomisili di DKI Jakarta, dan pernah membeli produk Somethinc. Teknik analisis data dilakukan menggunakan PLS-SEM melalui software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa halal awareness, Electronic Word of Mouth (E-WoM), dan persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik halal. Secara simultan, ketiga variabel tersebut mampu menjelaskan pengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 71%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pelaku industri dalam menyusun strategi pemasaran untuk mencapai keputusan pembelian yang sesuai dengan preferensi konsumen Muslim.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial
300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan Syariah D4
User ID Pengunggah: Unnamed user with email sintiya.pratiwi.ak21@mhsw.pnj.ac.id
Date Deposited: 05 Aug 2025 01:11
Last Modified: 05 Aug 2025 01:11
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/31247

Actions (login required)

View Item
View Item