Pengaruh Keamanan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Gen Z Pada E-wallet DANA

2104421060, Putri Helena Pane (2025) Pengaruh Keamanan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Gen Z Pada E-wallet DANA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
JudulPendahuluanDanPenutup.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s.d Bab 4)] Text (Isi (Bab 2 s.d Bab 4))
IsiBab2sdBab4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (11MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (324kB)

Abstrak

Pertumbuhan pengguna e-wallet DANA tiap tahunnya tentu karena adanya kinerja baik yang diberikan kepada penggunanya. Namun, kinerja yang baik ini tidak lepas dari tantangan seperti keamanan data dan kualitas pelayanan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh keamanan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna e-wallet DANA pada Gen Z. Penelitian ini berfokus pada aplikasi e-wallet DANA yang merupakan salah satu e-wallet yang banyak digunakan di Indonesia. Pengambilan sampel pada penelitian ini sebanyak 130 responden yang berasal dari daerah Jawa Barat dan Jakarta karena wilayah Jawa Barat merupakan wilayah dengan populasi Gen Z terbanyak menurut Sensus Penduduk 2020 dan wilayah Jakarta merupakan wilayah dengan pengguna e-wallet terbanyak. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling, yaitu purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan kemudian dianalisis menggunakan metode statistika deskriptif. Pengujian hipotesis dilakukan melalui uji t dan uji f. Berdasarkan hasil penelitian, variabel keamanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna. Variabel kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna. Variabel keamanan dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. Semakin baik sistem keamanan dan kualitas pelayanan yang diberikan oleh aplikasi e-wallet DANA, maka akan meningkatkan kepuasan pada pengguna Gen Z.

Kata Kunci: Keamanan, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pengguna, E-wallet DANA.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 100 - Filsafat dan Psikologi > 160 Logika > 167 Hipotesis, Hipotesa
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 336 Keuangan publik
500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 515 Analisis
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D4
User ID Pengunggah: Putri Helena Pane
Date Deposited: 05 Aug 2025 02:10
Last Modified: 05 Aug 2025 02:11
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/31233

Actions (login required)

View Item
View Item