2104411066, Rizka Maulina Zulkarnain (2025) PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI BSI MOBILE DAN BYOND BY BSI MENGGUNAKAN METODE USABILITY. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Identitas Skripsi_Rizka Maulina Zulkarnain.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Isi Skripsi Bab 2 - Bab 4]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Isi Skripsi_Rizka Maulina Zulkarnain.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (1MB)
![[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Manuskrip Artikel_Rizka Maulina Zulkarnain.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (320kB)
Abstrak
Perkembangan teknologi digital telah mendorong transformasi layanan perbankan menuju sistem yang lebih praktis dan efisien melalui aplikasi mobile banking. PT Bank Syariah Indonesia (BSI) menghadirkan aplikasi baru Byond by BSI sebagai respon terhadap pengingkatan kualitas layanan pada BSI Mobile. Namun, meskipun Byond by BSI merupakan versi pembaruan dari BSI Mobile, data menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi baru tersebut lebih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan membandingkan tingkat kepuasan pengguna terhadap kedua aplikasi menggunakan metode usability dengan standar ISO 9241-11, yang mencakup dimensi efektivitas, efisiensi, dan kepuasan. Metode yang digunakan bersifat kuantitatif dengan pendekatan komparatif, di mana data diperoleh melalui penyebaran kuesioner terhadap 101 responden yang telah menggunakan kedua aplikasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa tingkat kepuasan Byond by BSI saat ini lebih tinggi dibandingkan BSI Mobile. Hanya saja dari sisi efisiensi Byond by BSI perlu ditingkatkan kembali. Dalam perspektif ekonomi Islam, temuan ini mencerminkan pentingnya prinsip maslahah, ihsan, dan falah dalam pengembangan layanan keuangan digital yang ramah pengguna. Penelitian ini diharapkan menjadi masukan bagi PT Bank Syariah Indonesia (BSI) dalam menyempurnakan layanan digital serta kontribusi akademik dalam studi kepuasan pengguna berbasis usability di sektor perbankan syariah.
Kata kunci: Mobile banking, usability, kepuasan pengguna, BSI Mobile, Byond by BSI, efektivitas, efisiensi.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Akuntansi > Keuangan dan Perbankan Syariah D4 |
User ID Pengunggah: | Rizka Maulina Zulkarnain |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 00:52 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 00:52 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/31069 |