2204321002, Marshanda Tri Lestari (2025) PENGARUH PRINSIP SERVICE EXCELLENT CUSTOMER SERVICE TERHADAP KEPUASAAN NASABAH PADA BANK BRI KANTOR CABANG FATMAWATI. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Judul, Pendahuluan, Penutup.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 2 sd Bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (1MB)
Abstrak
Pelayanan di sektor perbankan, sering kali terdapat ketidaksesuaian antara standar pelayanan yang telah ditetapkan dan pelaksanaannya di lapangan. Hal ini juga terjadi di BRI Kantor Cabang Fatmawati, dimana pelayanan Customer Service sering kali tidak memenuhi target waktu yang ditentukan dalam Service Level Agreement (SLA), seperti antrean yang panjang dan keterlambatan dalam menangani keluhan. Fenomena ini menimbulkan pertanyaan mengenai efektivitas penerapan prinsip Service Excellent dalam memengaruhi tingkat kepuasan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh prinsip Service Excellent yang diterapkan oleh Customer Service terhadap kepuasan nasabah di Bank BRI Kantor Cabang Fatmawati. Prinsip Service Excellent diimplementasikan melalui pendekatan SMART Frontliner, yang mencakup aspek Sigap, Mudah, Akurat, Ramah, dan Terampil. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 nasabah aktif serta melakukan observasi langsung. Hasil analisis menunjukkan bahwa semua dimensi Service Excellent berada dalam kategori tinggi. Dimensi yang paling berpengaruh terhadap kepuasan adalah Attention yang mempunyai skor 367. Hasil uji statistik menggunakan aplikasi SmartPLS menunjukkan bahwa Service Excellent memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai t-statistic sebesar 321.456 dan p-value 0,000 (< 0,05). Temuan ini menegaskan bahwa penerapan prinsip pelayanan prima secara konsisten dapat secara signifikan meningkatkan kepuasan nasabah dan menjadi dasar untuk membangun loyalitas jangka panjang.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3) |
---|---|
Subjek: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 100 - Filsafat dan Psikologi > 100 Filsafat > 100 Filsafat dan psikologi 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 515 Analisis 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 650 Manajemen dan layanan tambahan 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 658 Manajemen umum |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D3 |
User ID Pengunggah: | Marshanda Tri Lestari |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 02:23 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 02:23 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/30255 |