Pengaruh Volume Lalu Lintas dan Kecepatan Kendaraan Terhadap Frekuensi Kecelakaan di Ruas Jalan Tol Cipularang

2101411042, Salma Syabilla Gia Edelweis (2025) Pengaruh Volume Lalu Lintas dan Kecepatan Kendaraan Terhadap Frekuensi Kecelakaan di Ruas Jalan Tol Cipularang. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Bab I dan Bab V] Text (Judul, Bab I dan Bab V)
Judul, Bab I dan Bab V.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Abstrak, Bab II - Bab IV, Lampiran] Text (Abstrak, Bab II - Bab IV, Lampiran)
Abstrak, Bab II - Bab IV, Lampiran.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (11MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh volume lalu lintas dan kecepatan kendaraan terhadap frekuensi kecelakaan di ruas Jalan Tol Cipularang. Data yang digunakan meliputi volume lalu lintas, kecepatan rata-rata kendaraan, dan frekuensi kecelakaan pada beberapa segmen jalan tol periode April 2024 hingga Maret 2025. Pengolahan data dilakukan menggunakan Microsoft Excel dan analisis statistik lanjutan dengan IBM SPSS Statistics, termasuk uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan regresi linear sederhana. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data frekuensi kecelakaan tidak berdistribusi normal, sementara data volume dan kecepatan kendaraan berdistribusi normal. Analisis regresi menunjukkan bahwa baik volume lalu lintas maupun kecepatan kendaraan tidak berpengaruh signifikan terhadap frekuensi kecelakaan pada ruas Tol Cipularang. Nilai Adjusted R Square yang negatif mengindikasikan bahwa model regresi berbasis volume lalu lintas dan kecepatan tidak dapat menjelaskan variasi kecelakaan dengan baik. Selain itu, berdasarkan perhitungan Accident Rate, tingkat kecelakaan di ruas Jalan Tol Cipularang tergolong rendah, dengan nilai Accident Rate masing-masing sebesar 0,068 untuk jalur A dan 0,070 untuk jalur B. Meskipun demikian, segmen tertentu seperti Jatiluhur – Padalarang perlu mendapat perhatian khusus untuk mitigasi risiko kecelakaan. Penelitian ini menyarankan perlunya pendekatan komprehensif dengan mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti kondisi geometrik jalan, perilaku pengemudi, dan kondisi lingkungan untuk meningkatkan keselamatan di jalan tol. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi pengembangan strategi pengelolaan keselamatan lalu lintas di jalan tol Cipularang.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4
User ID Pengunggah: Salma Syabilla Gia Edelweis
Date Deposited: 28 Jul 2025 10:14
Last Modified: 28 Jul 2025 10:14
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/30169

Actions (login required)

View Item
View Item