2101411002, Ponco Prakoso (2025) ANALISIS KINERJA PERKERASAN KAKU DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) (STUDI KASUS : GERBANG TOL JORR SEKSI SELATAN). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Kelengkapan Awal, BAB I dan BAB V, Daftar Pustaka]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Naskah Skripsi (GT) - Ponco Prakoso - Kelengkapan Awal, BAB I dan BAB V, Daftar Pustaka.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Abstrak, BAB II s.d. BAB IV, Lampiran]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Naskah Skripsi (GT) - Ponco Prakoso - Abstrak, BAB II-IV, Lampiran.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (17MB)
Abstrak
Infrastruktur jalan tol, seperti Ruas Tol JORR Seksi Selatan, memiliki peran krusial dalam mendukung sistem transportasi. Namun, area spesifik seperti gerbang tol menghadapi beban dinamis yang unik akibat aktivitas perlambatan dan percepatan kendaraan secara intensif. Kondisi ini dapat mempercepat kerusakan pada perkerasan kaku dan menurunkan umur layan perkerasan tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara kuantitatif kondisi aktual perkerasan pada enam segmen area gerbang tol di Ruas Tol JORR Seksi Selatan dengan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI), serta merumuskan rekomendasi teknis penanganan yang tepat dan kontekstual. Metodologi yang digunakan adalah survei visual langsung berdasarkan standar ASTM D6433 untuk mengidentifikasi jenis, tingkat keparahan, dan jumlah kerusakan yang terjadi. Hasil analisis menunjukkan bahwa kondisi perkerasan bervariasi. Sebagian besar segmen berada dalam kategori “Baik Sekali” hingga “Baik”, dengan nilai PCI berada pada rentang 80–100. Kondisi ini ditemukan pada segmen Gerbang Tol Pasar Rebo Utama, Gedong 1, Ampera 1, Pondok Pinang, dan Gedong 2. Namun demikian, terdapat titik-titik kerusakan kritis, seperti pada segmen Lenteng Agung 1 di pelat 45 dengan kondisi “Parah” (PCI 50,00) akibat kerusakan berat berupa punchout, serta pada pelat 129 di segmen Gedong 2 dengan kondisi “Parah” (PCI 42,0) akibat kerusakan tipe divided slab.Berdasarkan temuan tersebut, dirumuskan rekomendasi penanganan yang terdiferensiasi, meliputi pemeliharaan rutin untuk segmen yang masih dalam kondisi baik, pemeliharaan berkala bagi segmen dengan kerusakan sedang, serta perbaikan struktural mendesak pada titik-titik dengan kerusakan kritis.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4 |
User ID Pengunggah: | Ponco Prakoso |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 08:22 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 08:22 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/30121 |