4217020020, Praditya Firmansyah (2021) SIMULASI PARAMETRIK PENGARUH TEMPERATUR LINGKUNGAN TERHADAP SPECIFIC FUEL CONSUMPTION PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA GAS. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
ISI_BAB2BAB4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (1MB)
HALAMAN IDENTITAS SKRIPSI.pdf
Download (6MB)
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (1MB)
Abstrak
Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) merupakan pembangkit dengan keunggulan waktu pengoperasian yang singkat dengan daya pembangkitan relatif besar. Dibalik kecepatan pembangkit tersebut untuk dioperasikan terdapat kelemahan yaitu tingkat efisiensi pembangkit yang tergolong rendah atau boros dalam penggunaan bahan bakar. Pada saat proses pengoperasian pembangkit di industri sering terjadi perubahan permintaan pasokan beban, untuk memenuhi permintaan tersebut pembangkit harus siap tertutama dalam ketersediaan bahan bakar. Permasalahan yang terjadi adalah PLTG tidak bisa dibebani daya maksimal karena sumber bahan bakarnya juga digunakan untuk bahan baku proses pokok industri. Penelitian ini bertujuan untuk mencari variasi temperatur inlet PLTG dengan besar nilai heat rate dan spesific fuel consumption (SFC) pada pola operasi PLTG yang paling optimal. Selanjutnya melakukan analisis keterkaitannya dengan efisiensi bahan bakar yang bisa dihemat di objek yang diteliti. Hasilnya dengan 39,7 % pembukaan katup gas GCV dan temperatur masuk udara sebesar 30oC dan tekanan kompresi 7 bar menghasilkan nilai paling optimum dengan nilai SFC 0,627 dan heat rate 8059.663 kcal/kwh. Pembukaan katup gas lain yaitu sebesar 42,9% pembukaan katup gas dan temperatur masuk udara sebesar 30oC dan tekanan kompresi 7 bar menghasilkan nilai paling baik yaitu SFC 0.654 dan heat rate 8408.248 kcal/kwh.
Kata-kata kunci: PLTG, SFC, Heat rate, simulasi parametriks, variasi temperatur
Gas Turbine Power Plant has advantage in shorter operating time with relatively large power. That one disadvantages is smaller efficiency of power plant or wasteful of fuel. during operating power plant in industry very often to change in demand for load supply, to fillfull that demand generation must ready especially of fuel availability. The occurs that happen in gas turbine power plant cannot loaded with maximum power because of fuel source also used for basic raw materials. This study focusing at searching variation of temperature inlet gas turbine and correlation with heat rate value and specific fuel consumption value in operation design gas turbine. Furthermore doing analysis of linkage data with fuel efficiency wich was object of research.The Result with Gas Control Valve open at 39,7% and compressor inlet temperature at 30oC and pressure at 7 bar give maximum point of SFC 0,627 and Heat Rate 8059.663 kcal/kwh. Other result at Gas Control Valve open at 42,9% and compressor inlet temperature at 30oC pressure at 7 bar give the maximum point of SFC 0.654 and heat rate 8408.248 kcal/kwh.
Keywords: Gas Turbine, SFC, Heat Rate, Parametrics Simulation, Variabel Temperature
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya) |
---|---|
Subjek: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 629 Cabang teknik lainnya |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Mesin > Pembangkit Tenaga Listrik D4 |
User ID Pengunggah: | Praditya Firmansyah |
Date Deposited: | 29 Sep 2021 05:00 |
Last Modified: | 29 Sep 2021 05:00 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/2996 |