2105421120, Deani Nabila Faiza (2025) PENGARUH EMOTIONAL APPEAL DAN PERCEIVED CREDIBILITY TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DI INDUSTRI F&B DENGAN FOOD VLOGGER @CODEBLUUUU SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi_Deani Nabila Faiza_Bab 1&5]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Identitas Skripsi_Deani Nabila Faiza_Bab 1&5.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Isi_Deani Nabila Faiza_Bab 2 s.d 4]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Isi_Deani Nabila Faiza_Bab 2 s.d 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (2MB)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh emotional appeal dan perceived credibility terhadap perilaku konsumen di industri makanan dan minuman (F&B) dengan food vlogger @codebluuuu sebagai variabel intervening. Metode kuantitatif dengan pendekatan eksplanatori digunakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dari 200 responden yang merupakan pengguna aktif TikTok berusia 18-40 tahun dan berdomisili di wilayah Jakarta Selatan. Teknik analisis data dilakukan menggunakan metode Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa emotional appeal dan perceived credibility signifikan secara langsung dan negatif terhadap perilaku konsumen. Sebaliknya, keduanya memberikan pengaruh signifikan dan positif terhadap perilaku konsumen apabila disampaikan melalui food vlogger. Hal ini menunjukkan bahwa food vlogger mampu memediasi pengaruh emotional appeal dan perceived credibility secara lebih efektif. Penelitian ini memberikan implikasi teoretis dan praktis mengenai peran efektif food vlogger dalam mentransformasikan daya tarik emosional dan kredibilitas menjadi dorongan terhadap perilaku konsumsi, serta memberikan kontribusi penting dalam strategi komunikasi yang lebih tepat sasaran bagi pelaku industri F&B.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 303 Proses sosial 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4 |
User ID Pengunggah: | Deani Nabila Faiza |
Date Deposited: | 03 Aug 2025 16:06 |
Last Modified: | 03 Aug 2025 16:06 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/29802 |