PENGARUH GIVEAWAY DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH DALAM MEMBANGUN CUSTOMER ENGAGEMENT GENERASI Z JABODETABEK PADA AKUN INSTAGRAM SEABANK

2104421038, Arya Ningsih (2025) PENGARUH GIVEAWAY DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH DALAM MEMBANGUN CUSTOMER ENGAGEMENT GENERASI Z JABODETABEK PADA AKUN INSTAGRAM SEABANK. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
Arya Ningsih - Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
Arya Ningsih - Isi Skripsi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Arya Ningsih_Jurnal Dinamika Akuntansi Keuangan dan Perbankan.docx
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (219kB)

Abstrak

Perkembangan media sosial dimanfaatkan bank digital seperti SeaBank untuk membangun keterlibatan dan melakukan promosi. Peningkatan jumlah nasabah mendorong persaingan dalam menarik perhatian Generasi Z yang aktif secara digital. Salah satu strategi SeaBank untuk mendorong keterlibatan adalah promosi giveaway dan penyajian konten lainnya yang mendorong terjadinya electronic word of mouth (e-WOM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kedua strategi tersebut dalam membangun customer engagement. Penelitian ini mengacu pada teori social media marketing, teori e-WOM dan teori engagement sebagai dasar dalam menentukan fokus dimensi yang dibahas. Pendekatan penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menyebarkan kuisioner kepada 130 responden Generasi Z di wilayah Jabodetabek yang menggunakan SeaBank serta memiliki akun Instagram. Data dianalisis dengan regresi linier berganda menggunakan SPSS versi 30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik giveaway maupun e-WOM secara independen memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap customer engagement. Temuan ini menegaskan pentingnya sinergi antara insentif promosi dan komunikasi organik pelanggan dalam membangun interaksi digital yang lebih kuat dan berkelanjutan. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi industri perbankan digital untuk merancang kampanye media sosial yang lebih relevan dengan karakteristik Generasi Z, serta memperkaya literatur pemasaran digital khususnya pada sektor perbankan di Indonesia.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 650 Manajemen dan layanan tambahan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D4
User ID Pengunggah: Arya Ningsih
Date Deposited: 31 Jul 2025 03:04
Last Modified: 31 Jul 2025 03:06
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/29493

Actions (login required)

View Item
View Item