2101411043, HUMMAM ABDUL HAFIDH (2025) ASESMEN JEMBATAN KERETA API RANGKA BAJA EKSISTING DENGAN BEBAN OPERASIONAL UNTUK MENDAPATKAN KINERJA STRUKTUR. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Abstrak, BAB 2-4, Lampiran_Hummam_rev.pdf]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Abstrak, BAB 2-4, Lampiran_Hummam_rev.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (12MB)
![[thumbnail of Cover. BAB 1, BAB 5, Dafpus_Hummam_rev1.pdf]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cover. BAB 1, BAB 5, Dafpus_Hummam_rev1.pdf
Download (12MB)
Abstrak
Jembatan rel kereta api baja menawarkan keunggulan penting dalam hal kekuatan, ketahanan, dan daya tahan yang tinggi. Meskipun memiliki daya tahan yang tinggi, kondisi jembatan rentan terhadap kerusakan akibat beban dan lingkungan yang mempengaruhi kinerja struktur jembatan. Kinerja struktur jembatan rel kereta api baja dapat ditinjau dari faktor nilai lendutan, frekuensi alami, dan regangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja dari struktur atas jembatan eksisting. Karena, struktur jembatan eksisting yang sudah memiliki umur lebih dari 40 tahun maka perlu dilakukan pengujian beban terhadap jembatan dan monitoring struktur dengan sensor Structural Health Monitoring System (SHMS) berupa Inclinometer, Accelerometer, dan Strain Gauge untuk mengevaluasi kinerja struktur atas jembatan eksisting. Objek penelitian ini adalah jembatan rel kereta api baja eksisting yang memiliki panjang bentang 31,2 meter. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan penilaian terhadap jembatan eksisting untuk mendapatkan kinerja pada struktur atas. Data kinerja struktur dari sensor SHMS dibandingkan dengan data kinerja struktur dari pemodelan menggunakan perangkat lunak untuk analisis struktur. Hasil dari penelitian ini, data kinerja struktur jembatan eksisting yang dihasilkan oleh sensor SHMS dibandingkan dengan data kinerja dari analisis perangkat lunak. Hasilnya menunjukkan bahwa nilai lendutan, frekuensi alami, dan regangan dikatakan AMAN. Hasil kinerja struktur pada jembatan menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti umur jembatan, beban lalu lintas, dan kondisi lingkungan sangat mempengaruhi kinerja jembatan. Kesimpulannya, jembatan baja perlu dinilai selama masa layan untuk memastikan fungsinya yang aman.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4 |
User ID Pengunggah: | Hummam Abdul Hafidh |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 04:01 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 04:25 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/29263 |