Analisis Kepuasan Terhadap Standar Pelayanan Terminal Kampung Rambutan

2101411036, Ferlin Ardella Dema Thahirah (2025) Analisis Kepuasan Terhadap Standar Pelayanan Terminal Kampung Rambutan. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Abstrak, BAB II-BAB IV, LAMPIRAN_Ferlin_Rev.pdf] Text
Abstrak, BAB II-BAB IV, LAMPIRAN_Ferlin_Rev.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (5MB)
[thumbnail of Cover, BAB I, BAB V, DAFPUS_Ferlin_Rev1.pdf] Text
Cover, BAB I, BAB V, DAFPUS_Ferlin_Rev1.pdf

Download (5MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna Terminal Kampung Rambutan terhadap Standar Pelayanan Minimum (SPM) yang ditetapkan oleh pemerintah. Terminal ini merupakan terminal tipe A yang melayani berbagai moda transportasi antarkota dan dalam kota. Penelitian dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 137 responden yang terdiri dari penumpang, penyedia jasa bus, dan pengelola terminal. Data dianalisis menggunakan tiga pendekatan, yaitu Customer Satisfaction Index (CSI), Gap Analysis, dan Importance-Performance Analysis (IPA). Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai CSI sebesar 74,48%, yang termasuk dalam kategori “Puas”. Namun demikian, Gap Analysis mengidentifikasi bahwa sebagian besar indikator layanan masih memiliki nilai gap negatif, menunjukkan bahwa harapan pengguna belum sepenuhnya terpenuhi. Dari hasil IPA, terdapat tujuh indikator pelayanan yang berada di Kuadran I (prioritas utama perbaikan), yaitu: fasilitas pengisian daya baterai, kebersihan toilet, area merokok, ruang terbuka hijau, fasilitas bagi penyandang disabilitas, fasilitas keamanan, serta tempat penitipan barang. Oleh karena itu, perbaikan difokuskan pada aspek-aspek tersebut untuk meningkatkan kualitas pelayanan terminal secara menyeluruh.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4
User ID Pengunggah: Ferlin Ardella Dema Thahirah
Date Deposited: 31 Jul 2025 04:50
Last Modified: 31 Jul 2025 04:50
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/29215

Actions (login required)

View Item
View Item