Hutomo, Octavianus Suryo (2025) Perancangan Buku Cerita Anak Interaktif tentang Pendidikan Karakter sebagai Media Edukasi untuk Harmony School. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Bab 1 dan Bab 5]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1 dan BAB 5_Laporan TA_Octavianus Suryo Hutomo_DG8C.pdf
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (4MB)
![[thumbnail of Bab 2 sampai Bab 4]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 2-BAB 4_Laporan TA_Octavianus Suryo Hutomo_DG8C.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (65MB) | Request a copy
Abstrak
The golden age, yakni perkembangan anak di usia 0-6 tahun yang rentan untuk menerima dan meniru pengalaman dan pengetahuan yang dialaminya, sangat penting untuk dimanfaatkan sebagai masa pembentukan karakter dari lingkungan pendidikan. Salah satu metode pendidikan karakter berupa kegiatan membaca cerita melalui media literasi buku cerita anak sebagai alat bantu dalam penyampaian pesan secara sederhana yang akrab dengan dunia anak, sehingga peserta didik dapat lebih mudah memahami pendidikan karakter. Harmony School sebagai sekolah pertanian dan peternakan membutuhkan media ajar yang dapat membantu menyampaikan pemahaman pendidikan karakter dari aktivitas praktik harian anak di alam bebas melalui buku cerita anak yang dirancang khusus untuk peserta didik Harmony School berusia 3-6 tahun dengan menerapkan prinsip dan teori desain grafis melalui ilustrasi dan teknik kertas (paper engineering), sehingga dapat mengasah keterampilan kognitif dan motorik anak, sekaligus mengenalkan anak terhadap dunia literasi sejak dini, meningkatkan motivasi dan kosakata, dan mempersiapkan peserta didik ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Metode penelitian yang digunakan, yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara langsung terhadap pakar, observasi, dan studi literatur. Proses desain dilakukan melalui tahapan mind map, moodboard, sketsa, hingga perancangan desain buku. Hasil keluaran akhir berupa buku cerita anak interaktif yang ilustratif dan penuh warna, gaya ilustrasi kartun dengan goresan krayon, nada warna summer tone, jenis tipografi sans serif, serta penerapan tata letak circus yang dinamis, menyampaikan pendidikan karakter tentang hubungan antar manusia dengan alam, sesama manusia, serta Tuhannya, melalui gambaran sederhana ragam flora, fauna, dan kebudayaan daerah sebagai pengenalan dasar nilai-nilai ketuhanan dan kemanusiaan. Buku cerita diharapkan mampu menjadi media pembelajaran inovatif dan efektif bagi peserta didik Harmony School.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Kata Kunci Uncontrolled: | Buku Cerita Anak Interaktif, Harmony School, Ilustrasi Anak, Media Edukasi, Pendidikan Karakter |
Subjek: | 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 741 Gambar dan seni menggambar |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4 |
User ID Pengunggah: | Octavianus Suryo Hutomo |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 08:12 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 08:12 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/29153 |