PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL PADA UMKM FESYEN CIMS PROJECTS SEBAGAI UPAYA MENAMPILKAN CITRA BRAND

Febryan, Nadhif Abrar (2025) PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL PADA UMKM FESYEN CIMS PROJECTS SEBAGAI UPAYA MENAMPILKAN CITRA BRAND. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of Lembar Identitas Tugas Akhir] Text (Lembar Identitas Tugas Akhir)
Judul, Bab I, Bab V & Lampiran.pdf - Updated Version

Download (0B)
[thumbnail of Isi Tugas Akhir] Text (Isi Tugas Akhir)
Bab II - IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)

Abstrak

UMKM merupakan sektor usaha yang berkembang pesat di Indonesia, termasuk dalam industri fesyen. Salah satu brand lokal yang bergerak di bidang ini adalah Cims Projects, sebuah merek fesyen yang memfokuskan produknya pada pakaian anak-anak couple dan pakaian couple keluarga. Sebagai UMKM yang mengandalkan platform digital dalam aktivitas bisnisnya, Cims Projects menyadari pentingnya promosi serta persaingan yang ketat dengan brand lokal lainnya. Untuk memperkuat citra merek dan meningkatkan daya saing, Cims Projects memutuskan untuk melakukan perancangan ulang identitas visual. Identitas baru ini dirancang agar mencerminkan konsep yang ceria dan kekinian, sejalan dengan karakter produk serta target pasar utama, yaitu keluarga. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method, yaitu kombinasi antara metode kualitatif dan kuantitatif. Proses perancangan dimulai dari eksplorasi dan pengembangan konsep visual, pembuatan sketsa kasar, dilanjutkan dengan sketsa halus, digitalisasi, hingga seleksi desain akhir. Dalam tahap eksplorasi, dikembangkan tiga alternatif desain logo yang masing-masing disertai dengan filosofi visual dan narasi konsep. Identitas visual yang dihasilkan berupa logo dengan karakteristik unik, ceria, dan kekinian. Pemilihan warna yang colorful serta penggunaan logotype jenis sans serif bertujuan untuk memperkuat kesan modern dan ramah keluarga. Diharapkan, identitas visual baru ini dapat menjadi solusi desain yang dapat membangun citra brand, meningkatkan daya tarik konsumen, serta mendukung pengembangan bisnis Cims Projects di ranah digital dan offline.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 720 Arsitektur > 729 Desain dan dekorasi struktur
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 747 Dekorasi interior, desain interior
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Nadhif Abrar Febryan
Date Deposited: 23 Jul 2025 05:03
Last Modified: 23 Jul 2025 05:03
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/29066

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item
View Item