PENGEMBANGAN SISTEM PENGEREMAN MENGGUNAKAN ANTI-LOCK DAN REGENERATIVE BRAKING UNTUK MENINGKATKAN SISTEM KEAMANAN DAN EFISIENSI PADA KENDARAAN LISTRIK

1802321057, Dharu Danendra (2021) PENGEMBANGAN SISTEM PENGEREMAN MENGGUNAKAN ANTI-LOCK DAN REGENERATIVE BRAKING UNTUK MENINGKATKAN SISTEM KEAMANAN DAN EFISIENSI PADA KENDARAAN LISTRIK. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of judul pendahuluan penutup] Text (judul pendahuluan penutup)
judul pendahuluan penutup.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of bab 2 - bab 4] Text (bab 2 - bab 4)
bab 2 - bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of manuskrip] Text (manuskrip)
Draft_PaperSemnas_Dharu Danendra_JTM_TKE.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (365kB)

Abstrak

Pada saat kendaraan melakukan pengereman konvensional, energi kinetik berubah menjadi
panas untuk memperlambat kendaraan atau menghentikannya. Banyak energi yang hilang
karena berubah menjadi panas dan terbuang percuma. Salah satu cara untuk mengatasi hal
tersebut adalah dengan pengereman Regenerative. Dengan sistem pengereman Regenerative,
kendaraan listrik dapat memulihkan energi yang mengubah energi kinetik dari roda menjadi
energi listrik, sehingga akan memanfaatkan energi yang terbuang ini dan menyimpannya untuk
digunakan lebih lanjut kapanpun dibutuhkan dan dengan demikian dapat membantu untuk
mengurangi konsumsi bahan bakar dan meningkatkan efisiensi kendaraan listrik melalui
pengereman. Hal ini dapat dilakukan oleh motor yang mengubah energi kinetik menjadi listrik
(generator) yang nantinya bisa disimpan di dalam baterai. Studi ini dilakukan untuk
membuktikan bahwa adanya energi balik pada saat kendaraan melakukan deselerasi.
Perancangan dilakukan untuk mengetahui besaran daya yang dihasilkan pada sistem
pengereman Regenerative. Parameter yang digunakan adalah daya keluaran keluaran motor
brushless DC. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa pada kecepatan jalan lurus 35 km/h dan
kondisi jalan pada kemiringan 9,53° menghasilkan daya yang paling besar. Hasil ini
membuktikan bahwa kecepatan dan kondisi jalan menentukan nilai optimal sistem pengereman
Regenerative pada kendaraan listrik. Adanya energi daya yang dihasilkan membuktikan bahwa
sistem pengereman Regenerative dapat dimanfaatkan sebagai penghematan pada kendaraan
listrik.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Konversi Energi D3
User ID Pengunggah: Dharu Danendra
Date Deposited: 17 Sep 2021 07:15
Last Modified: 17 Sep 2021 07:15
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/2886

Actions (login required)

View Item
View Item