ANALISIS DESAIN CHASSIS TUBULAR TIM SPIRIT PNJ BLUE WARRIOR VERSI 5 MENGGUNAKAN MATERIAL STKM GRADE 17 A

2202311062, Nabil Baihaqqi Ariyobimo (2025) ANALISIS DESAIN CHASSIS TUBULAR TIM SPIRIT PNJ BLUE WARRIOR VERSI 5 MENGGUNAKAN MATERIAL STKM GRADE 17 A. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bab 1 Pendahuluan & Bab 5 Kesimpulan dan Saran] Text (Bab 1 Pendahuluan & Bab 5 Kesimpulan dan Saran)
Bab 1&5.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab 2 Tinjauan Pustaka, Bab 3 Metodologi Pengerjaan Tugas Akhir, dan Bab 4 Pembahasan] Text (Bab 2 Tinjauan Pustaka, Bab 3 Metodologi Pengerjaan Tugas Akhir, dan Bab 4 Pembahasan)
Bab 2-4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (8MB)
[thumbnail of Manuskrip Seminar Nasional 2025] Text (Manuskrip Seminar Nasional 2025)
Manuskrip Seminar Nasional.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (922kB)

Abstrak

Tugas akhir ini membahas perancangan dan analisis chassis tubular generasi V5 kendaraan listrik Tim Spirit PNJ "Blue Warrior" menggunakan material STKM Grade 17A. Tujuannya adalah meningkatkan kekakuan torsi tanpa menambah berat, melalui metode studi literatur, desain CAD, dan simulasi statis serta dinamis menggunakan SolidWorks FEA sesuai regulasi KMLI 2024 dan FSAE 2018. Hasil simulasi menunjukkan kekakuan torsi sebesar 2116,422 Nm per deg, meningkat sebesar 153,18 persen dibandingkan chassis V4. Berat chassis berkurang menjadi 23,947 kg, lebih ringan 15,946 persen dari versi sebelumnya. Pada simulasi statis, tegangan ekuivalen maksimum tercatat 120,427 MPa pada main roll hoop, 263,993 MPa pada front roll hoop, 363,986 MPa pada front impact, dan 236,836 MPa pada side impact, seluruhnya masih di bawah kekuatan tarik material sebesar 550 MPa, dengan perpindahan kurang dari 25 mm. Sementara pada simulasi dinamis, tegangan maksimum yang tercatat adalah 88,899 MPa saat akselerasi, 94,652 MPa saat deselerasi, dan 189,153 MPa saat manuver tikungan, juga masih di bawah kekuatan luluh material sebesar 345 MPa, dengan perpindahan tetap di bawah 25 mm. Distribusi rata-rata pembebanan pada chassis V5 tercatat 11,15 persen lebih baik dibandingkan chassis V4, menunjukkan peningkatan efisiensi penyebaran beban secara struktural. Dengan demikian, chassis V5 dinyatakan memenuhi seluruh persyaratan keselamatan struktural dan layak digunakan dalam kompetisi KMLI.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknik Mesin D3
User ID Pengunggah: Nabil Baihaqqi Ariyobimo
Date Deposited: 11 Aug 2025 04:06
Last Modified: 11 Aug 2025 04:06
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/28800

Actions (login required)

View Item
View Item