Perancangan Flashcard Edukatif untuk Siswa Kelas 1&2 SD Inklusif Alam Mutiara sebagai Media Pembelajaran Interaktif dalam Mengenal Ekspresi Manusia

2106421029, Anisa Suryani (2025) Perancangan Flashcard Edukatif untuk Siswa Kelas 1&2 SD Inklusif Alam Mutiara sebagai Media Pembelajaran Interaktif dalam Mengenal Ekspresi Manusia. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Dokumen Skripsi] Text (Halaman Identitas Dokumen Skripsi)
Laporan TA_Anisa Suryani_Halaman Identitas (BAB 1, BAB 5 dan Lampiran).pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Halaman Isi (BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi)] Text (Halaman Isi (BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi))
Laporan TA_Anisa Suryani_Halaman Isi (BAB 2,3 dan 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)

Abstrak

Kebutuhan akan media pembelajaran yang adaptif bagi siswa inklusif menjadi salah satu perhatian penting dalam proses pendidikan di SD Alam Mutiara. Terutama dalam pengenalan materi sosial-emosional, siswa kelas II inklusif kerap mengalami kendala dalam memahami ekspresi manusia secara visual. Oleh karena itu, diperlukan perancangan media pembelajaran alternatif yang mampu memfasilitasi pemahaman emosi dasar secara lebih menarik dan mudah dicerna. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran berupa flashcard edukatif yang menyajikan berbagai ekspresi manusia dengan pendekatan visual yang sederhana, hangat, dan eksplisit. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi literatur, dan uji coba terbatas (testing). Hasil dari pengumpulan data menunjukkan bahwa siswa inklusif membutuhkan media visual yang mudah dikenali dengan warna cerah dan gaya ilustrasi yang tidak kompleks. Data tersebut dianalisis menggunakan metode SWOT untuk merumuskan strategi desain yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Proses perancangan dikembangkan melalui brainstorming dan mind mapping, menghasilkan konsep visual berupa ilustrasi bergaya flat design dengan elemen grafis yang menarik dan komunikatif. Media ini telah diuji coba secara terbatas kepada guru inklusif untuk mendapatkan masukan dan validasi kelayakan. Produk akhir dari perancangan ini berupa satu set flashcard edukatif bertema ekspresi manusia yang dapat membantu siswa dalam mengenali dan memahami ekspresi secara lebih kreatif dan interaktif. Media ini diharapkan dapat menjadi sarana yang efektif dalam mendukung pembelajaran sosial-emosional bagi siswa inklusif serta memberikan kontribusi dalam pengembangan media edukatif berbasis visual untuk anak berkebutuhan khusus

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 741 Gambar dan seni menggambar
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: D4 Anisa Suryani
Date Deposited: 23 Jul 2025 01:35
Last Modified: 23 Jul 2025 01:35
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/28651

Actions (login required)

View Item
View Item