PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL CV DUCT AIR COOL UNTUK MEREPRESENTASIKAN NILAI PERUSAHAAN

Maulana, Mohammad Abib (2025) PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL CV DUCT AIR COOL UNTUK MEREPRESENTASIKAN NILAI PERUSAHAAN. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Penduhuluan, dan Penutup] Text (Judul, Penduhuluan, dan Penutup)
Judul, Pendahuluan, dan Penutup.pdf

Download (10MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 s.d Bab 4] Text (Isi Bab 2 s.d Bab 4)
Isi Bab 2 s.d Bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (5MB)

Abstrak

Banyak perusahaan dalam industri konstruksi yang masih kurang memperhatikan pemanfaatan identitas visual, sehingga kesulitan membedakan diri dari kompetitor dan membangun reputasi yang kokoh di mata klien. Sebagai akibatnya, identitas visual yang diciptakan sering kali tidak dapat memperkuat pengenalan merek dan tidak berhasil menciptakan perbedaan yang berarti di pasar yang kompetitif. Komponen desain perlu dengan jelas menyampaikan karakter serta prinsip perusahaan, menciptakan ikatan yang kuat antara identitas visual dan inti esensi merek. Demikian pula dengan CV Duct Air Cool, sebuah perusahaan yang bergerak di sektor Heating, Ventilation, and Air Conditioning (HVAC), menyadari pentingnya penerapan identitas visual yang mewakili bagi konsumen sebagai langkah awal dalam pertumbuhan perusahaan, karena identitas visual yang ada saat ini tidak dapat mencerminkan nilai-nilai perusahaan, sehingga menyebabkan kebingungan dari sisi mitra klien yang berasumsi bahwa logo tersebut adalah lambang dari sebuah masjid setempat, serta banyak kritik dan saran dari mitra
klien untuk merubah identitas visual saat ini agar lebih sesuai dengan bidang usaha perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan identitas visual yang mencerminkan nilai perusahaan cepat dan professional. Metode penelitian
yang diaplikasikan adalah gabungan kualitatif dan kuantitatif (mixed-method) yang datanya diperoleh melalui wawancara, observasi, survei, dan studi pustaka dengan menerapkan pendekatan design thinking. Hasil penelitian ini berupa
desain logo yang mencerminkan profesionalisme dan kecepatan sebagai identitas visual perusahaan saluran udara yang dapat menciptakan koneksi emosional antara perusahaan dan pelanggan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Mohammad Abib Maulana
Date Deposited: 21 Jul 2025 03:47
Last Modified: 21 Jul 2025 03:47
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/28204

Actions (login required)

View Item
View Item