PERANCANGAN BOARD GAME "SIAPAKAH AKU" UNTUK MENGENALKAN PROFESI KEPADA ANAK TKIT ASH SHOFAANIYYAH BEKASI

Salsa Safiera Nindya Putri, Audrey and Dwi Pramesti, Rachmadita and Herfan, Djony (2025) PERANCANGAN BOARD GAME "SIAPAKAH AKU" UNTUK MENGENALKAN PROFESI KEPADA ANAK TKIT ASH SHOFAANIYYAH BEKASI. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bab 1 dan 5 Pendahuluan] Text (Bab 1 dan 5 Pendahuluan)
WM - BAB 1&5 Laporan TA - Audrey Salsa.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of Bab 2-4 Kerangka Teori dan Isi] Text (Bab 2-4 Kerangka Teori dan Isi)
WM - BAB 2-4 Laporan TA - Audrey Salsa.pdf

Download (55MB)

Abstrak

Pendidikan bagi anak usia dini yang sedang pada tahap golden age itu penting dalam memberikan suatu stimulasi bagi eksplorasi anak, terutama akan profesi yang ada di sekitar mereka. TKIT Ash Shofaaniyyah sudah menerapkan kurikulum merdeka pada materi pengenalan profesi. Antusiasme anak sangat tinggi ketika menghadirkan narasumber profesi terkait. Namun dalam eksekusinya masih ada kendala keterbatasan ketersediaan waktu narasumber profesi, yang akhirnya TKIT Ash Shofaaniyyah lebih sering menggunakan media pembelajaran satu arah dan masih kurang interaktif, berupa penayangan video dan wayang kaku yang cenderung membuat anak bosan serta kurang menggambarkan sosok profesi terkait. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang lebih menggambarkan visualisasi profesi yang mudah dipahami oleh anak-anak. Penelitian ini bertujuan agar merancang board game edukatif sebagai media pembelajaran dalam pengenalan profesi bagi anak-anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi literatur. Dengan perancangan desain melalui design thinking melalui proses Emphatize, define, ideate, prototype, dan testing. Hasil dari proses perancangan ini berupa board game pengenalan profesi yang edukatif, yang dirancang dengan tema petualangan berupa menjelajahi profesi yang ada disekitar dalam perjalanan pulang dari Taman Kanak. Board game dirancang dengan gaya ilustrasi kartun chibi bermata besar, pewarnaan bertekstur brush kapur krayon dengan penggunaan bright colors yang menarik, supaya dapat meningkatkan rasa ingin tahu anak dalam memahami akan materi pengenalan profesi, dengan cara bermain interaktif yang tidak hanya melatih dari sisi kognitif, namun juga dari sisi motorik bagi anak. Melalui perancangan board game sebagai media pembelajaran pengenalan profesi ini diharapkan dapat membantu kegiatan belajar tentang profesi bagi guru dan anak-anak TKIT Ash Shofaaniyyah.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Audrey Salsa Safiera Nindya Putri
Date Deposited: 18 Jul 2025 08:59
Last Modified: 18 Jul 2025 08:59
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/28169

Actions (login required)

View Item
View Item