PERANCANGAN ONBOARDING KIT UNTUK NASABAH BISNIS TERPILIH SEBAGAI UPAYA PENGENALAN PRODUK BUSINESS BANKING BANK CIMB NIAGA

Kusumaasri, Resti Dyah and Anggarini, Anggi and Prastiwinarti, Wiwi (2025) PERANCANGAN ONBOARDING KIT UNTUK NASABAH BISNIS TERPILIH SEBAGAI UPAYA PENGENALAN PRODUK BUSINESS BANKING BANK CIMB NIAGA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bab 1 Pendahuluan] Text (Bab 1 Pendahuluan)
WM - BAB 1&5 Laporan TA - Resti Kusumaasri.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Bab 2-4 Kerangka Teori dan Isi] Text (Bab 2-4 Kerangka Teori dan Isi)
WM - BAB 2-4 Laporan TA - Resti Kusumaasri.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (25MB)

Abstrak

Perkembangan teknologi dan transformasi digital telah mengubah cara bisnis beroperasi, termasuk di industri perbankan yang memiliki peran penting dalam mendukung nasabah melakukan transaksi operasional yang kompleks. Perubahan ini perlu dikomunikasikan dengan baik agar proses transaksi nasabah dapat berjalan dengan baik di kemudian hari. Bank CIMB Niaga melakukan inovasi terhadap platform perbankan bisnisnya dengan meluncurkan OCTO Biz yang secara bertahap akan menggantikan seluruh fungsi dari platform sebelumnya bernama BizChannel@CIMB. Dalam proses peralihan platform ini, CIMB Niaga belum memiliki media informasi yang disampaikan secara jelas, teratur, dan mudah di akses. Oleh karena itu, dilakukan perancangan untuk onboarding kit OCTO Biz yang berisi buku panduan mengenai informasi penting OCTO Biz, kumpulan link panduan, dan merchandise yang dipersonalisasikan sesuai dengan kebutuhan nasabah. Onboarding kit ini bertujuan untuk menyampaikan informasi mengenai OCTO Biz secara menyeluruh kepada nasabah bisnis terpilih guna memperkenalkan produk OCTO Biz sebelum nasabah dilakukan perpindahan ke OCTO Biz. Dalam proses perancangan onboarding kit OCTO Biz ini menggunakan metode design thinking dengan 5 tahapan yaitu proses understanding, observe/point of view, define, ideate, prototyping, testing, dan iterasi. tahap pertama menghasilkan rumusan masalah dari klien, tahap kedua menghasilkan consumer insight, tahap ketiga menghasilkan creative brief, tahap keempat menghasilkan konsep desain, tahap kelima menghasilkan prototipe, tahap kelima menghasilkan hasil testing dan desain final yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Hasil akhir dari proses perancangan ini berupa onboarding kit dengan gaya profesional dan dinamis yang dipadukan dengan warna korporasi bank CIMB Niaga. Hasil desain onboarding kit memberikan informasi komprehensif kepada nasabah mengenai informasi umum dan identitas dari produk OCTO Biz dan proses perpindahan nasabah bisnis. Penelitian berkontribusi untuk menjadi referensi solusi pemecahan masalah komunikasi terhadap layanan di bidang perbankan.
Kata kunci: Business Banking, Desain Onboarding Kit, Buku Panduan Umum, Merchandise

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Resti Dyah Kusumaasri
Date Deposited: 18 Jul 2025 08:41
Last Modified: 18 Jul 2025 08:41
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/28168

Actions (login required)

View Item
View Item