ANALISIS PENINGKATAN KAPASITAS GERBANG TOL DENGAN SISTEM TRANSAKSI SINGLE LANE FREE FLOW

2101411045, Moch Renaldy Nusantara (2025) ANALISIS PENINGKATAN KAPASITAS GERBANG TOL DENGAN SISTEM TRANSAKSI SINGLE LANE FREE FLOW. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Kelengkapan Awal, BAB I dan BAB V, Daftar Pustaka] Text (Kelengkapan Awal, BAB I dan BAB V, Daftar Pustaka)
Kelengkapan Awal, BAB I dan BAB V, Daftar Pustaka - Naskah Skripsi (GT) - Moch Renaldy Nusantara.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (898kB)
[thumbnail of Abstrak, BAB II s.d. IV, Lampiran] Text (Abstrak, BAB II s.d. IV, Lampiran)
Abstrak, BAB II s.d. IV, Lampiran - Naskah Skripsi (GT) - Moch Renaldy Nusantara.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)

Abstrak

Pertumbuhan kendaraan bermotor menyebabkan peningkatan beban pada infrastruktur
jalan tol, termasuk Gerbang Tol Tomang yang sering mengalami antrean akibat keterbatasan kapasitas gardu. Penelitian ini bertujuan menganalisis kinerja eksisting serta menerapkan perbaikan kinerja kapasitas tanpa penambahan gardu melalui sistem transaksi Single Lane Free Flow (SLFF) dengan pendekatan skenario konfigurasi dari 7 gardu eksisting, termasuk SLFF. Analisis dilakukan secara manual menggunakan teori antrian, dan melalui simulasi menggunakan perangkat lunak PTV Vissim. Analisis kinerja eksisting menunjukkan bahwa tujuh gardu yang beroperasi tidak memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), dengan kebutuhan teoretis mencapai 11 gardu. Simulasi PTV Vissim pada kondisi ini mengonfirmasi kinerja yang tidak memadai dengan panjang antrean maksimal mencapai 63,68 meter dan tundaan 56,24 detik/kendaraan. Sebagai solusi, skenario tahun 2032 dengan konfigurasi 5 Gardu Semi Otomatis (GSO) dan 2 lajur SLFF menunjukkan perbaikan kinerja yang sangat
signifikan. Perhitungan manual pada lajur SLFF menghasilkan panjang antrean 0,35 meter dengan tundaan 0,95 detik/kendaraan. Hal ini divalidasi oleh simulasi PTV Vissim yang menunjukkan panjang antrean antara 1,28-1,42 meter dengan tundaan di bawah 1 detik/kendaraan pada lajur yang sama. Hasil ini membuktikan bahwa penerapan SLFF mampu meningkatkan kapasitas dan kinerja pelayanan tanpa memerlukan penambahan gardu secara fisik.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4
User ID Pengunggah: Moch Renaldy Nusantara
Date Deposited: 16 Jul 2025 07:14
Last Modified: 18 Jul 2025 07:23
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/27562

Actions (login required)

View Item
View Item