Laksono, Alifsyah (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PT XYZ SEBAGAI PENYEDIA LAYANAN CETAK OFFSET DAN DIGITAL DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Halaman Identitas.pdf]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Identitas.pdf
Download (678kB)
![[thumbnail of BAB II - IV.pdf]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II - IV.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (605kB)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model bisnis PT XYZ
menggunakan pendekatan Business Model Canvas serta merumuskan strategi
pengembangan usaha berbasis analisis SWOT dan metode Analytical Hierarchy
Process (AHP). PT XYZ merupakan perusahaan cetak offset dan digital yang
mengalami stagnasi penjualan dalam beberapa tahun terakhir akibat perubahan
kebutuhan pasar, persaingan yang ketat, serta dampak pandemi dan perkembangan
teknologi. Hasil analisis SWOT, ditemukan 15 faktor lingkungan strategis yang
terdiri dari 5 kekuatan, 4 kelemahan, 3 peluang, dan 3 ancaman. Hasil analisis
SWOT-AHP menunjukkan bahwa posisi perusahaan berada pada kuadran I Matriks
Grand Strategy, yang menandakan kondisi progresif. Salah satu strategi utama yang
diprioritaskan adalah bentuk tim marketing digital untuk mengoptimalkan promosi
kemasan custom dan cetakan musiman. Strategi tersebut kemudian dituangkan
dalam kerangka BMC untuk memperjelas arah pengembangan model bisnis PT
XYZ. Tujuh blok utama yang menjadi fokus pengembangan mencakup: customer
segment (penyediaan layanan cepat untuk cetakan musiman), value proposition
(membuat paket bundling produk cetak reguler dan musiman), channels
(mengoptimalkan promosi kemasan custom dan cetak musiman), key activities
(modernisasi sistem manajemen dan pencatatan), key resources (analisis biaya
untuk menyesuaikan harga digital printing agar lebih kompetitif), serta key
partnerships (menjalin kerja sama dengan program pemerintah untuk perluasan
pasar). Dengan hasil ini, penelitian memberikan arah strategis bagi PT XYZ untuk
meningkatkan daya saing dan menjawab tantangan industri percetakan yang
semakin dinamis melalui perbaikan model bisnis yang terstruktur dan adaptif.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Kata Kunci Uncontrolled: | ahp, bmc, swot |
Subjek: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 658 Manajemen umum |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Grafika dan Penerbitan > Teknologi Industri Cetak Kemasan D4 |
User ID Pengunggah: | Alifsyah Laksono |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 02:25 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 02:25 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/27343 |